Banyak Aduan, DPRD Minta PDAM Sosialisasi Program Revitalisasi

Banyak Aduan, DPRD Minta PDAM Sosialisasi Program Revitalisasi

Slamet Iman Santoso--

NOMORSATUKALTIM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan meminta Perusahaan Umum Daerah Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) lebih gencar menyosialisasikan program revitalisasi pipa kepada masyarakat.

Legislatif menerima banyaj pengaduan warga, terkait kualitas air serta pendistribusian air. 

Anggota DPRD Balikpapan Komisi III Iman Santoso mengatakan selain mengeluhkan air yang keruh, juga banyak warga di dataran tinggi kesulitan air.

 

“Pemerintah bisa menyampaikan informasi perbaikan pipa dengan jelas sehingga masyarakat memahami kendala yang dialami PTMB. Di Pemerintah Kota Balikpapan sendiri telah bersinergi dengan PTMB untuk pelaksaan perbaikan pipa (revitalisasi di pipa induk)," kata Slamet Iman Santoso, Selasa (8/8/2023).

Dia menambahkan, masalah klasik distribusi air yang bertahun-tahun berulang seperti ini bisa pelan-pelan terselesaikan. Pasalnya, kebutuhan air baku itu salah satu yang utama untuk masyarakat Balikpapan.

“Kembali ke PTMB jangan dibiarkan kondisi seperti ini apalagi sudah masuk musik kemarau, berikan solusi seperti penyediaan sumur bor, dan sampaikan dengan detail secara berulang daerah mana saja lagi perbaikan,” jelas Iman.

 

Dia meyakini, kejelasan informasi terkait air bersih ini dapat menjadi pertimbangan masyarakat untuk menghadapi susahnya ketersediaan air bersih. “Perlu menjadi perhatian bersama kolaborasi dan sinergi untuk penyedian air Baku. Ada solusi jangka pendek dan ada solusi jangka panjang.”

Sementara itu, PLT Dirut PTMB Rita mengakui bahwa pipa yang dimiliki rata berusia tua sehingga rentan mengalami kerusakan.

"Rencananya kami akan revitalisasi pipa. Saat ini kajiannya mulai dilakukan. Revitalisasi dilakukan sebagai langkah jangka panjang," tutur Rita. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: