Jokowi: Jalan Tol Balikpapan - IKN Telah Mencapai 55 Persen

Jokowi: Jalan Tol Balikpapan - IKN Telah Mencapai 55 Persen

Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat meninjau proyek jalan tol IKN, pada Rabu (1/11/2023). -(BPMI Setpres)-

Balikpapan, NOMORSATUKALTIM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, pembangunan jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah hampir mencapai 55 persen.

Hal ini disampaikan Presiden saat meninjau langsung progres pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Kota Balikpapan ke kawasan IKN, pada Rabu (1/11/2023).

Peninjauan dilakukan di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam keterangannya seusai peninjauan, Presiden Jokowi menyebut bahwa pembangunan jalan tol tersebut akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN menjadi lebih singkat.

Jika biasanya perjalanan dari Balikpapan menuju IKN memerlukan waktu 2 jam 15 menit. Maka dengan hadirnya tol baru tersebut, waktu tempuhnya menjadi sekitar 50 menit saja.

“Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 kilometer (km). Sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara,” ujar Presiden.

Menurut Jokowi, saat ini progres pengerjaan jalan tol tersebut telah mencapai hampir 55 persen.

Kepala Negara berharap jalan tol tersebut bisa dipakai pada pertengahan tahun 2024 mendatang.

“Diharapkan nanti di bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai,” ucapnya.

BACA JUGA: Eksistensi Kerbau Rawa Kaltim Terancam Perusahaan Sawit

Selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya seperti tempat istirahat.

Termasuk disiapkan ribuan pohon khusus endemik Kalimantan untuk ditanam di sepanjang jalan tol tersebut.

“Kanan kirinya ini memang ingin kita buat sehijau mungkin. Sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan yang kita harapkan nanti kanan-kiri jalan tol ini semuanya green, hijau semuanya. Dan kita sudah siapkan 60 ribu pohon untuk jalan tol ini saja,” jelasnya.

Dalam kunjungannya ke Kaltim kali ini, Presiden meninjau progres pembangunan dan melakukan groundbreaking sejumlah infrastruktur. Di antaranya, groundbreaking Bandar Udara Ibu Kota Nusantara, rumah sakit, dan sekolah.

Di akhir kunjungan hari keduanya, Presiden Jokowi bersama rombongan akan bermalam di kawasan IKN.

Sementara itu, turut mendampingi Presiden dalam rangkaian kunjungannya ke Kaltim yakni Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim Erick Thohir, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: