Debat Capres-Cawapres Digelar Lima Kali

Debat Capres-Cawapres Digelar Lima Kali

Kantor KPU RI.--Rmol

NOMORSATUKALTIM - Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari memastikan pihaknya tetap akan menggelar debat capres dan cawapres. Total debat akan dilakukan sebanyak lima kali. Rinciannya, untuk capres dijadwalkan akan berdebat tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali.

"Insyaallah tetap ada kampanye dengan metode debat capres-cawapres," papar Hasyim, seperti dikutip pada Kamis (26/10/2023).

Hasyim berujar debat capres-cawapres lima kali ini mengacu UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu di Pasal 277. "Sepanjang yang saya tahu, di UU Pemilu ditentukan bahwa kampanye dengan penggunaan metode debat capres-cawapres itu dilaksanakan sebanyak lima kali," ujarnya.

KPU masih membahas teknis metode debat capres-cawapres untuk kampanye Pilpres 2024. Nantinya, setelah penetapan pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024, KPU akan berdiskusi dengan tim dari masing-masing pasangan calon.

Hari ini, KPU resmi menutup pendaftaran bakal capres-cawapres yang dibuka sejak 19 -25 Oktober 2023.  Sampai hari terakhir, ada tiga pasang capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo-Gibran jadi pasangan capres dan cawapres terakhir yang mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024 di hari terakhir pendaftaran, kemarin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rol