Jokowi ‘Groundbreaking’ Bandara VVIP IKN pada 1 November

Jokowi ‘Groundbreaking’ Bandara VVIP IKN pada 1 November

Lokasi pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim.-(Disway/ Istimewa)-IG Pemprov Kaltim

NOMORSATUKALTIM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meletakkan batu pertama atau "groundbreaking" pembangunan bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 1 November mendatang.

Dilansir dari Antara, Basuki menyatakan kesiapan lapangan rencana groundbreaking tersebut saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Sudah siap. Tanggal 1 mungkin, 1 November," kata menteri yang dikenal kocak tersebut.

Basuki mengatakan, peletakan batu pertama dilaksanakan setelah Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat pada akhir Oktober.

Dengan terbangunnya bandara VVIP, diharapkan investor bakal lebih cepat masuk ke IKN. Mengingat bandara VVIP memiliki akses yang cepat ke IKN.

"Ya lebih cepat investor masuk karena lebih dekat. Jadi orang bisa masuk situ langsung di IKN kan," kata dia.

Sementara itu, dalam kunjungan ke Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut, Presiden diagendakan meninjau perkembangan pembangunan IKN.

Tanpa menyebut rinciannya, Basuki menyatakan progres pembangunan IKN kini sudah di atas 30 persen.

Dikutip dari dari laman LPSE Kementerian PUPR, nilai paket konstruksi fisik pembangunan Bandara VVIP IKN (sisi landasan udara) mencapai Rp4,28 triliun. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Bandara VVIP IKN memiliki runway sepanjang 3 kilometer dengan lebar 45 meter. Runway tersebut mampu didarati pesawat berbadan besar, seperti Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Adapun kapasitas apron mampu menampung tiga pesawat berbadan besar, plus satu pesawat berbadan kecil, atau tujuh pesawat berbadan kecil, serta kapasitas helipad menampung tiga helikopter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: