Balikpapan Hujan Deras Debit Waduk Bertambah

Balikpapan Hujan Deras Debit Waduk Bertambah

Debit air di waduk Manggar Balikpapan mulai bertambah. --

NOMORSATUKALTIM – Sejak tadi malam sampe pagi ini, Rabu (18/10/2023), Balikpapan diguyur hujan deras. Dengan kondisi ini, debit air waduk Manggar, perlahan namun pasti, mulai bertambah. Hal ini disampaikan Anggota Dewan Pengawas Perumda Tirta Manuntung aka PDAM Balikpapan, Adhi Supriadi.

Menurut Adhi, hujan yang mengguyur Balikpapan telah memberi pengaruh terhadap debit air, terutama di Waduk Manggar, Balikpapan Timur. “Kita pantau terus, dan ada penambahan debit air di waduk Manggar,” ujar Adhi, melalui komunikasi WhatsApp, pagi ini.

Ia menjelaskan, setiap hujan deras secara umum ada kenaikan level waduk sekitar 3-4 sentimeter. “Untuk kondisi normal, pengambilan air waduk Manggar sekitar 3-4 cm per hari,” jelasnya.

Pihaknya terus melakukan pemantauan intens terhadap kondisi waduk. “Ini kami monitor dan evaluasi terus kondisi waduk. Saat ini level waduk Manggar di angka 7,91 m,” paparnya.

Dari kondisi itu, ia mengamini terjadi penambahan debit air di waduk Manggar.

“Sebelumnya di angka 8,31 m,” ujar Adhi.

Ia belum memastikan apakah layanan bisa segera kembali normal, tanpa penggiliran distribusi. Prinsipnya, PDAM Balikpapan terus melakukan monitoring kondisi debit terkini. Dengan adanya penambahan debit air, kondisi normal dilakukan bertahap.

“Produksi air dan pelayanan akan memperhatikan kondisi waduk. Kita akan normalkan produksi secara bertahap seiring dengan penambahan air baku. Karena hujan mulai turun,” ujar Adhi.

Sejak Senin (9/10/2023), jatah air bagi warga Kota Balikpapan, digillir. Langkah ini ditempuh menyusul turunnya air baku PDAM Balikpapan, di dua waduk utama. Yakni, Waduk Manggar dan Waduk Teritip.

Pihak PDAM, menurut Adhi, mulai melakukan perubahan pola distribusi. Dengan sistem produksi di akhir pekan menjadi 100 persen. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: