Jokowi Singgung Rencana Naikkan Harga BBM, Ini Penyebabnya

Jokowi Singgung Rencana Naikkan Harga BBM, Ini Penyebabnya

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)-(Disway/ Istimewa)-

NOMORSATUKALTIM - Presiden Joko Widodo menyinggung rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Pertamax.

 

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam pidatonya di Rakernas Projo Ke-VI, Indonesia Arena, Kawasan GBK, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10/2023).

 

Jokowi menyebut, harga BBM berpotensi dinaikkan lantaran Indonesia tengah menghadapi krisis pangan yang semakin memburuk.

 

Kondisi ini makin dipersulit oleh tren perang antar negara yang sangat berdampak terhadap harga pangan.

 

"Harga pangan itu menjadi naik gara-gara perang di Ukraina, ini nanti harga energi bisa naik karena perang Palestina-Israel," ujar Jokowi dalam pidatonya.

 

Presiden ketujuh RI tersebut mengaku tidak sedang menakut-nakuti. "Harga energi itu artinya bensin, Pertamax, Pertalite, saya tidak ingin menakut-nakuti tetapi bisa kejadian karena kalau perang tidak selesai pasti harga BBM global pasti akan naik," tambahnya.

 

Jokowi juga menyebut bahwa krisis pangan juga terjadi karena dampak El Nino yang menyebabkan gagal panen di berbagai kawasan.

 

"Bukan hanya panas, tetapi juga mempengaruhi produksi pangan kita, pasti akan mempengaruhi hasil produksi pangan kita," sambungnya.

 

Maka dari itu, Presiden Jokowi berharap kedepannya Indonesia bisa dipimpin oleh pemimpin yang bijak dan memberikan solusi soal krisis pangan di Indonesia.

 

"Diperlukan pemimpin yang memiliki visi taktis yang jelas, memiliki keberanian, berani mengambil resiko, punya nyali berani menghadapi tekanan Negara-negara besar," tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id