Program Beasiswa Kukar Idaman Tahap Kedua Dibuka, Alokasi Anggaran hingga Rp 5 M

Program Beasiswa Kukar Idaman Tahap Kedua Dibuka, Alokasi Anggaran hingga Rp 5 M

Dendy Irwan Fahriza.-(istimewa)-

Kukar, nomorsatukaltim - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali membuka pendaftaran Program Beasiswa Kukar Idaman untuk tahap kedua.

Sebelumnya, tahap pertama Program Beasiswa Kukar Idaman telah mengalokasikan dana sebesar Rp 20 miliar. 

Untuk tahap kedua, Pemkab Kukar menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar dengan target 983 penerima manfaat.

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten Kukar, Dendy Irwan Fahriza, menjelaskan bahwa tahap kedua akan lebih menekankan pada pemberian beasiswa stimulan dan mendukung Program 1.000 Guru Sarjana.

Berbeda dengan Program Beasiswa Kukar Idaman tahap pertama yang lebih berorientasi pada beasiswa kerjasama.

Dendy juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah merencanakan sesi sosialisasi yang luas untuk memastikan informasi pendaftaran tersampaikan dengan baik kepada para calon penerima beasiswa. 

"Sosialisasi akan dilaksanakan mulai 9 hingga 19 Oktober. Ini mencakup berbagai perguruan tinggi di Kalimantan Timur dan melibatkan guru, calon guru, serta mahasiswa S1. Kami juga akan mencakup 20 kecamatan, dengan penyebaran di wilayah hulu, tengah, dan pesisir," terang Dendy, Kamis (5/10/2023).

Selain menyelenggarakan sosialisasi, tim ini akan memberikan dukungan kepada semua pendaftar yang memenuhi syarat Program Beasiswa Kukar Idaman.

Syarat pendaftaran program ini termasuk memiliki IPK minimal 2,5, usia tidak lebih dari 50 tahun, dan tidak lebih dari semester 8 untuk Beasiswa 1000 Guru Sarjana.

Bagi mahasiswa S1, IPK minimal yang diperlukan adalah 3,0. Program beasiswa stimulan terbagi menjadi tiga kategori: berprestasi, prestasi non-akademik, dan yatim piatu pra sejahtera.

"Kami ingin memastikan bahwa pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran dengan benar. Oleh karena itu, kami menyediakan template dan format agar memudahkan pendaftar. Jika mengalami kendala, mereka dapat mengunjungi ruang pelayanan kami, dan kami siap memberikan bantuan," tambahnya.

Program Beasiswa Kukar Idaman ini merupakan salah satu inisiatif dari Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin, untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya.

"Tahap pertama Program Beasiswa Kukar Idaman ditargetkan dapat dicairkan pada akhir Oktober, bersamaan dengan penerbitan SK Bupati. Sementara untuk tahap kedua, dengan penutupan buku yang sudah kami lakukan, kami berharap dana bisa dicairkan pada minggu kedua Desember dan langsung disalurkan ke rekening penerima," imbuh Dendy. (*/adv/kominfokukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: