Gagal Target di Asian Games 2022, Menpora Minta Maaf

Gagal Target di Asian Games 2022, Menpora Minta Maaf

Menpora, Dito Ariotedjo menjawab pertanyaan wartawan terkait perolehan medali Indonesia di Asian Games 2022, Minggu (8/10/2023).-ANTARA-

NOMORSATUKALTIM – Indonesia gagal mencapai target medali pada Asian Games 2022 yang berlangsung di Cina.

Atas kegagalan tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia. Permintaan maaf tersebut ia sampaikan saat melepas peserta lomba lari di Jakarta, Minggu (8/10/23).

“Saya ingin mengucapkan permohonan maaf pada seluruh masyarakat Indonesia dan Bapak Presiden Republik Indonesia karena target dari beliau 10 besar tidak tercapai,” kata Dito dilansir dari Antara.

Kata Dito, sebelumnya Kemenpora memasang target tembus peringkat 12 dengan capaian delapan medali emas. Namun, target tersebut belum mampu dicapai atlet-atlet Indonesia. 

Dengan capaian tujuh medali emas, Indonesia berada di peringkat 13 klasemen Asian Games 2022 atau satu tingkat di bawah Hongkong yang meraih delapan medali emas. 

“Kita akui meleset walaupun sangat sedikit, satu medali lagi dan satu peringkat lagi. Kita ada di peringkat 13 dan tujuh medali emas,” katanya.

Dito menyebut, pihaknya telah melakukan persiapan matang sebelum bertolak ke Cina. Namun, hasil perolehan medalinya masih belum sesuai target yang ditetapkan sebelumnya.

Kegagalan ini, kata Menpora, hendaknya menjadi momen introspeksi bagi dunia olahraga Tanah Air.

Pun Demikian, Dito meminta masyarakat Indonesia tetap bangga, karena ini capaian terbaik Indonesia di Asian Games saat tidak menjadi tuan rumah. “Tapi kita harus bangga karena untuk dalam sejarah Asian Games di luar kita tuan rumah, ini cukup signifikan kenaikannya,” katanya.

Menpora juga menyampaikan komitmen terus mendukung dan memperbaiki persiapan atlet-atlet Indonesia di ajang internasional yang akan datang. Ia berjanji terus bekerja keras dalam memajukan olahraga Indonesia.

“Kita akan mengevaluasi total seluruh cabang olahraga yang ikut di Asian Games dan akan kita analisis dan kembali analisa bagi yang meleset dari target. Ini sekiranya kita duduk bersama dan kita cari solusinya apa yang terbaik,” kata Dito.

Sementara itu, pada posisi teratas tim klasemen Asian Games 2022 ditempati tuan rumah China dengan total 382 medali yang terbagi 200 medali emas, 111 medali perak, dan 71 medali perunggu.

Sedangkan Indonesia harus puas di posisi 13 dengan 36 medali yang terdiri dari 7 medali emas, 11 perak dan 18 perunggu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara