DPRD Kukar Minta Segera Diperbaiki, Pristiwa Rumah Longsor ke Sungai di Desa Jembayan

DPRD Kukar Minta Segera Diperbaiki, Pristiwa Rumah Longsor ke Sungai di Desa Jembayan

Kukar, nomorsatukaltim.com – Peristiwa longsornya bangunan dan terjatuh ke Sungai Mahakam di kawasan Jalan Poros Tenggarong-Samarinda, Dusun Margasari dua pekan lalu itu, mendapat perhatian serius dari Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid.

Ia kini Tengah memusatkan perhatiannya pada bangunan dan jalan yang ambruk di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu.

Rasid mendesak agar pihak terkait, baik di Pemerintah Kabupaten Kukar maupun di Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk segera mengambil langkah perbaikan.

Tindakan ini juga sejalan dengan aspirasi warga setempat. "Kita perlu merespons apa yang telah disampaikan oleh masyarakat kepada kami. Kejadian tanah longsor di Jembayan memerlukan perhatian bersama," ujar Abdul Rasid ketika dihubungi, Jumat (18/8/2023).

"Semoga dinas terkait di tingkat provinsi dapat segera bertindak responsif, agar tidak ada lagi korban atau kejadian bangunan rumah yang ambruk," tambahnya. (*/Adv/dprdkukar_23)

Selanjutnya, terdapat rencana dari pihak desa untuk melakukan relokasi sejauh 50 meter dari lokasi longsor.
Menurut Rasid, hal itu memerlukan koordinasi segera dengan pemerintah daerah. Mengingat insiden serupa berpotensi terjadi Kembali.
Langkah antisipatif harus diambil secepat mungkin untuk mencegah kemungkinan musibah di masa yang akan datang.
"Pemerintah juga harus segera mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan. Kepala Desa perlu berkoordinasi dengan pemerintah daerah mengenai rencana tersebut," tutupnya. (*/Adv/dprdkukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: