Faisal: Konten Kreatif Penting dalam Diseminasi Informasi

Faisal: Konten Kreatif Penting dalam Diseminasi Informasi

Yogyakarta, nomorsatukaltim.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Diskominfo Kaltim) Muhammad Faisal menyampaikan pentingnya optimalisasi ide konten kreatif dalam penyampaian informasi.

Sebab saat ini, penyebaran arus informasi begitu cepat dan masif dihampir semua platform digital. Terutama, media sosial. Instansi pemerintahan sebagai corong informasi resmi bagi masyarakat, harus mampu menyajikan konten kreatif. Agar masyarakat dapat dengan mudah menerima dan menyerap informasi yang disampaikan. 

Hal itu ia sampaikan saat memberikan materi dengan tema Pengelolaan Media Sosial Melalui Optimalisasi Ide Konten yang Kreatif dan Komunikatif dalam Focus Group Discussion (FGD) Pengolahan, Penyajian, Pemanfaatan Data dan Informasi Perizinan - Non Perizinan Kabupaten/kota se Kalimantan Timur. 

Faisal juga memaparkan, tingkat penetrasi internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 78,19 persen. Atau sebanyak 215 juta penduduk Indonesia yang terkoneksi internet dari total populasi sebesar 275 juta. 

"Dari jumlah sebanyak itu, tidak ada lagi alasan kita tidak digital. Harus digital dalam menyampaikan informasi. Karena digitalisasi semakin cepat beradaptasi dengan manusia di semua usia dan strata, sudah eranya saat ini sistematis dan terukur, dan menembus batas wilayah tanpa batas global," terang Faisal di hadapan para peserta FGD yang digelar oleh DPMPTSP Kaltim, Kamis (15/6/2023). 

Di samping itu menurut Praktisi Humas Pemerintahan ini, penyajian konten kreatif melalui media sosial memiliki banyak manfaat bagi pemerintah. Pertama, dapat menjadi media komunikasi diseminasi dan engagement. Kedua, sebagai media promosi dan publikasi, memberikan feedback dan analisa demografi, serta branding instansi. 

"Terlebih DPMPTSP bergerak di bidang investasi. Sampaikanlah informasi angka-angka itu dengan menarik. Salah satunya, melalui infografis. Itu adalah cara paling efisien untuk menyajikan data dan informasi dalam format yang lebih mudah dicerna," terang Faisal yang telah lama berkutat di dunia kehumasan. 

Fungsi infografis dimaksudkan untuk menyajikan informasi kompleks menjadi lebih sederhana sehingga mudah dipahami pembaca. Tips untuk membuat infografis yang menarik adalah dengan melakukan riset data dan sumber informasi, menentukan audiens, lalu mendesain dan memvisualisasikan data dengan template infografis yang menarik. 

"Setelah itu, lakukan monitoring dan evaluasi secara berkala perkembangan konten kreatif kita di platform digital. Cek traffic website dan medsos, pahami selera followers dan lihat sejauh mana kekuatan konten kita," pungkasnya. 

Di akhir sesi pemaparan, Faisal juga mengajak para peserta untuk berpikir kreatif dari kejelian mengamati sesuatu. Ia menyajikan contoh beberapa gambar kreatif yang bisa diadaptasi sebagai sebuah konten kreatif. (KRV/ADV/Kominfo Kaltim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: