Biaya Pengeluaran Bahan Makanan Naik, Transportasi Malah Turun

Biaya Pengeluaran Bahan Makanan Naik, Transportasi Malah Turun

Komoditi sayuran dan bahan makanan lainnya mempengaruhi inflasi Juni. Namun secara keseluruhan, tingkat inflasi di Balikpapan masih rendah.

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Inflasi Balikpapan pada Juni 2019 masih relatif rendah. Hanya sebesar 0,96% (mtm), meningkat di banding bulan sebelumnya yang hanya 0,75%.

Namun demikian, Inflasi Juni 2019 itu juga lebih rendah di bandingkan dengan rata-rata inflasi bulan Juni selama 3 tahun terakhir yang tercatat berkisar 1,47% (mtm).

“Inflasi yang terjadi pada periode ini disebabkan oleh masih tingginya permintaan di tengah pasokan bahan makanan yang terhambat. Dan secara tahunan, inflasi IHK Kota Balikpapan mencatatkan angka sebesar 3,00% (yoy) atau lebih tinggi di bandingkan inflasi Kalimantan Timur yang sebesar 2,71% (yoy),” kata Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto.

Bimo menambahkan, berdasarkan kelompok pengeluaran, inflasi Juni 2019 didorong oleh kelompok Bahan Makanan yang memberikan andil terbesar, yaitu 1,03% (mtm). Hal ini dipicu oleh melonjaknya harga komoditas sayuran dan hambatan cuaca turut memengaruhi pasokan beberapa komoditas ikan.

“Akan tetap tekanan inflasi bulan Juni 2019 tertahan oleh kelompok Transpor, Komunikasi dan Jasa Keuangan yang memberikan andil deflasi sebesar -0,11% didorong oleh normalisasi tarif angkutan udara,” tutupnya. (K/ferry cahyanti/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: