Akan Tiru Bali, Dewan Rancang Pantai Balikpapan Dilengkapi Hotel dan Restoran

Akan Tiru Bali, Dewan Rancang Pantai Balikpapan Dilengkapi Hotel dan Restoran

Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Riri Saswita Diano. (Sandi/Disway Kaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Balikpapan terus digenjot. Mulai dari melakukan inovasi. Hingga mencontoh daerah lain yang sukses mendesain pariwisata menjadi lumbung penghasilan daerah.

Seperti yang dilakukan Komisi II DPRD Balikpapan pekan lalu. Saat menggali ilmu di Kabupaten Badung, Bali, yang terkenal akan pariwisata pantainya.

Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Riri Saswita Diano menyebut, PAD yang dihasilkan khusus dari sektor pariwisata mencapai Rp 5 triliun. Untuk APBD Bali mencapai Rp 6,7 triliun.

“Sudah dipastikan 80 persen PAD yang diperoleh dari sektor pariwisata. Dan itu hanya Kabupaten Badung saja. Bukan dari keseluruhan Provinsi Bali,” ungkap politisi PDIP tersebut, Senin (4/11/2019).

Riri mengatakan, banyak ilmu yang didapat usai berkunjung ke Bali. Pertama jika berbicara pariwisata bukan hanya daerahnya dan infrastrukturnya saja yang di tingkatkan. Tapi penduduknya juga harus siap menerima ribuan wisatawan yang berkunjung.

“Saya pikir masyarakat penduduk suatu daerah perlu ramah seperti di Badung ini, agar pariwisata berkembang dan PAD meningkat,” terangnya.

Kalau tidak salah, lanjut Riri, pengunjung wisatawan luar negeri ke Bali mencapai 6 juta wisatawan per tahun. Sementara khusus domestik mencapai 9 juta pengunjung per tahunnya.

Riri berharap Balikpapan bisa berkembang dengan mengandalkan wisata pantai seperti Bali. Ia menilai pariwisata pantai cukup banyak dan layak dijual jika dikelola dengan baik seperti Bali.

“Memang kalau di Bali pantainya include dengan restoran dan hotel. Mungkin itu yang membuat wisatawan tertarik. Kalau kita di sini kan hanya pantai saja. Ini yang perlu kita konsep ke depannya. Sarana penunjang pantai agar lebih menarik lagi,” harapnya.

Tak hanya Bali, pihaknya juga akan mencari perbandingan di kota lainnya untuk mempercantik pariwisata Kota Balikpapan. Salah satunya di Kota Apel, Malang. (snd/adv/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: