SD Inpres: Sepatu Soeharto dan Nobel Duflo (2)

SD Inpres: Sepatu Soeharto dan Nobel Duflo (2)

Soeharto kunjungi SD Inpres (Soeharto.co) ========== SD Inpres, di era Soeharto, dibangun sebagai pemerataan pendidikan ke seluruh negeri. Targetnya, agar jutaan anak-anak di seluruh Indonesia bisa mengenyam pendidikan dasar dengan biaya murah.

Proyek SD Inpres sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan dasar, dimulai usai keluarnya Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 1973 tentang Program Bantuan Pembangunan Gedung SD.

Tujuan penerbitan kebijakan ini untuk  memperluas kesempatan belajar. Terutama di pedesaan dan daerah perkotaan yang penduduknya berpenghasilan rendah.

Sekaligus menuntaskan masalah baca dan tulis. Pada penduduk Indonesia yang masih banyak mengalami buta huruf. 

Sekolah ini mempunyai murid berbagai kelas dalam satu ruangan. Tapi hanya ada satu guru. Untuk anak-anak normal dalam lingkungan normal. Ditangani oleh SD Negeri.

Tahap pertama pengerjaan program SD Inpres dimulai dengan membangun 6.000 gedung SD. Eksekusi proyek sekolah ini mengawalinya dengan membangun tiga ruang kelas.

Baca Juga: SD Inpres Riwayatmu Kini

Saat itu, di era 70-an, Indonesia mendapat limpahan dana hasil penjualan minyak bumi. Nilai harganya fantastis. Naik sekitar 300 persen dari sebelumnya. Namun belum ada validasi data yang merinci berapa perbandingan angka detilnya.

Keuntungan hasil minyak bumi itu digunakan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, salah satunya pendidikan.

Di tahap awal pelaksanaan program SD Inpres. Hampir setiap tahun, ribuan sampai puluhan ribu gedung sekolah dibangun.

Pembangunan paling besar terjadi pada periode 1982 dan 1983. Yakni dibangunnya 22.600 gedung SD Inpres. Hingga periode 1993 dan 1994 tercatat hampir 150 ribu unit SD Inpres telah dibangun.

Seiring pembangunan gedung SD Inpres, ditempatkan pula satu juta lebih guru inpres. Di sekolah-sekolah itu.

Total dana yang diguyur untuk progam ini hingga akhir Pembangunan Jangka Pajang (PJP) I. Nilainya menembus angka nyaris Rp 6,5 triliun. (rap/bersambung)

Berita Terkait: SD Inpres: Sepatu Soeharto dan Nobel Duflo (1) SD Inpres: Sepatu Soeharto dan Nobel Duflo (3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: