Jadi Penyebab Kemacetan, Disdik Wacanakan Jam Pulang Sekolah Serentak

Jadi Penyebab Kemacetan, Disdik Wacanakan Jam Pulang Sekolah Serentak

Aktivitas siswa saat pulang sekolah di Jalan Sutomo. (Mubin/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com - Kemacetan kerap terjadi saat jam pulang sekolah. Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda pun wacanakan jam pulang harus serentak. Guna mengurai kemacetan ibu kota.

Kepala Dinas Pendidikan Samarinda Asli Nuryadin mengatakan hal demikian. Hal itu tidak bisa dipungkiri. Contohnya di Jalan Juanda. Empat sekolah bertengger di sana. Yakni SMPN 4, SMPN 5, SMAN 5 dan SMAN 3. Jika pulang sekolah jalur tersebut dipastikan macet. Ditambah  dekat dengan lampu merah.

"Sehingga kemacetan tak bisa dihindari," ujar ia.

Salah satu cara mengurai permasalahan itu yakni bekerjasama dengan Dishub dan Satpol PP. Jika salah satu penyebab kemacetan itu adalah PKL yang berjualan di sana, maka Satpol PP akan bantu menata.

Selain itu, Asli punya ide mengatur jam masuk dan pulang anak sekolah. Yakni dibuat selisih dengan jadwal orangtua berangkat kerja. Bisa jam masuk sekolah dipercepat atau diperlambat.

Sebab menurut ia salah satu penyebabnya karena jam berangkat kerja bersamaan dengan jam sekolah. Sehingga menumpuk di jam yang sama.

Asli ingin mengatur supaya pengantar atau penjemput anak sekolah berlangsung cepat supaya tidak ada penumpukan kendaraan yang memakan badan jalan.

"Kami ingin koordinasi antar dinas supaya kemacetan di jam pulang sekolah ini bisa dikurangi," ulas dia. (hdd/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: