Prediksi KPU, Lima Diusung Parpol, Dua Pilih Perseorangan

Prediksi KPU, Lima Diusung Parpol, Dua Pilih Perseorangan

Firman Hidayat. (dok)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda memprediksi tujuh pasangan calon akan maju pada pilkada tahun depan. Prediksinya lima diusung parpol, dua jalur perseorangan.

Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat untuk pasangan dari parpol didasarkan jumlah kursi di DPRD Samarinda. Jumlahnya 45 kursi. 20 persen saja atau sembilan kursi sudah berhak untuk diusung.

“45 kursi dibagi sembilan kan lima. Itulah dasar kami memprediksi lima pasang calon di pilwali. Tapi kalau dilihat dari perolehan kursi parpol, kelihatannya tidak bisa lima pasangan dari parpol,” ucapnya, Jumat (13/9/2019) sore.

Prediksi ini sendiri dibuat berkaitan dengan anggaran yang diusulkan ke Pemkot Samarinda.

“Jadi anggaran yang kami ajukan Rp 57,6 miliar itu mengacu pada prediksi pasangan calon juga. Terutama pasangan dari independen. Kalau lebih dari prediksi, tidak masalah. Seandainya kurang pun, anggaran malah bisa dihemat,” jelasnya.

Firman menegaskan KPU mengantisipasi melonjaknya pasangan calon dari jalur perseorangan. Sebab, anggaran akan yang dibutuhkan akan melonjak.

“Karena kami harus verifikasi satu persatu dukungan. Harapannya tidak lebih dari prediksi kami. Kalau dilihat dari perkembangannya di media, ada beberapa orang yang lamar ke partai. Jadi mungkin enggak lebih dari itu,” tutupnya. (qn/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: