#CekPasar; Harga Sembako Naik Wajar Jelang Natal 2020

#CekPasar; Harga Sembako Naik Wajar Jelang Natal 2020

Di Pasar Gerbang Raja Mangkurawang, Kukar. Kondisinya tak jauh berbeda. Kenaikan harga beberapa komoditi hanya tipis-tipis saja. Masih dalam angka yang wajar. Berkisar Rp 3 sampai 5 ribu saja.

Momen jelang akhir tahun belum mempengaruhi harga di Kukar secara signifikan. Seperti yang diakui oleh Mamang, penjual ayam potong. Sejauh ini penjualan ayamnya masih terhitung stabil. Walau tidak sebanyak saat belum ada pandemi.

Paling tidak saat ini, dalam sehari ia masih mampu menjual puluhan ekor ayam potong. Dengan harga Rp 38 ribu per kilonya. Harga itu tidak pasti setiap harinya. Karena mengalami naik turun. Menyesuaikan stok ayam. Harga terendahnya masih di atas Rp 30 ribu.

"Yang ndik (tidak) normal pernah dibawah Rp 30 ribu/kilo," ujar Mamang.

Hal itu terjadi bulan lalu (Oktober). Harga terbilang hancur-hancuran. Pedagang pusing tidak karuan. Supaya bisa bertahan, mereka menjual dalam jumlah kecil. Sekedar mengurangi potensi kerugian.

Tapi kini pembeli sudah mulai ramai lagi. Terlebih memasuki Desember, biasanya kata Mamang. Permintaan akan otomatis tinggi karena akan ada Natal dan Tahun Baru.

"Jika pas hari besar permintaan dan harga (pasti) naik," ujarnya lagi.

Pengakuan serupa disampaikan Adit. Pedagang daging sapi yang lapaknya berdekatan dengan Mamang. Harga daging saat ini masih normal. Hanya pembelinya saja yang naik turun. Maka ia tidak setiap hari menyetok dagangan dalam jumlah besar.

Saat akhir pekan, Adit bilang bisa menjual hingga 30 Kg sapi. Tapi berbeda halnya saat hari kerja.

"Kalau hari biasa, 10 kilogram aja susah habisinnya," ujar Adit.

Pasokan pun dikatakannya masih lancar-lancar saja. Tidak terganggu. Yang mengganggu menurutnya hanya karena COVID-19. Orang jadi takut ke pasar.

***

Kenaikan harga kebutuhan di PPU masih dalam hitungan wajar. (Robbi/ Nomor Satu Kaltim)

Meski bukan hari pasar, Pasar Tradisional Induk Petung, Penajam Paser Utara (PPU) tetap ramai dikunjungi. Terutama di lapak sayur, ikan, dan daging.

Menjelang bulan terakhir di tahun 2020, stok bahan pangan masih cenderung aman. Harganya yang sedikit tak aman. Sedikit beranjak naik. Namun masih bisa dianggap stabil. Berkisar Rp 1.000-7.000.

Rata-rata pedagang mengaku, naiknya harga itu sudah dari pengepul. "Modalnya sudah naik, jadi harganya ikut naik juga," kata salah satu pedagang, Kartini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: