Pemkab PPU Upayakan Tahun 2021 Gaji Honorer Setara UMK

Pemkab PPU Upayakan Tahun 2021 Gaji Honorer Setara UMK

PPU, nomorsatukaltim.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) sedang menggodok kenaikan upah untuk para pegawai honorer. Di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada.

Tahun depan, rencanya para tenaga harian lepas (THL) ini mendapatkan gaji setara dengan upah minimum kabupaten (UMK) di sini. Sekira Rp 3,3 juta.

"Sebenarnya itu bagian dari program bupati (Abdul Gafur Mas'ud) untuk meningkatkan pendapatan para THL. Dia mencoba untuk menyelaraskan dan menyamakan dengan UMK," jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) PPU, Khairudin, Senin (16/11/2020).

Ketetapannya nanti akan tertuang dalam peraturan bupati (perbup). Skemanya masih dikaji oleh Bagian Hukum dan Keuangan bersama dengan BKPSDM. Utamanya soal standardisasi pemberian honornya. Seperti kekuatan APBD. Pun akan dikomunikasikan dengan DPRD PPU.

Lalu juga akan ada pengelompokan. Klasifikasi THL berdasarkan jenjang pendidikan, dan masa kerja. Ada lagi terkait jam kerja dan lainnya.

Detail itu semua akan termuat dalam perbup yang dibuat itu. Mengenai mekanisme besaran pengupahan tadi. Pada THL di lingkungan pemerintahan PPU yang jumlahnya sekira 3.155.

"Masih merancang perbup tentang standarisasi pemberian gaji. Jadi tak semua honorer serta-merta mendapatkan upah sesuai UMK," ujarnya.

Jika THL memenuhi golongan-golongan tertinggi tadi, maka baru bisa mendapatkan honor setara UMK. Yang lainnya menyesuaikan sesuai klarifikasi yang terpenuhi. Yang jelas, diupayakan agar lebih tinggi dari gaji selama ini.

Gaji THL tertinggi di PPU saat ini adalah Rp 1,5 juta per bulan. Sedangkan terendah Rp 1,3 juta per bulan. Masih sangat rendah dan tentu belum memenuhi standar hidup layak.

Target pembahasan itu diestimasikan rampung pada akhir November atau awal Desember. Seluruh SKPD saat ini juga tengah menghimpun lagi datanya secara online. Melalui aplikasi yang disediakan BKPSDM. Jika yang tidak terdaftar, maka tinggal lapor untuk dimasukkan.

"Semoga bulan ini lancar, rampung semua," pungkasnya. (Adv/rsy/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: