Petani Dusun Harapan Jaya Coba Tanam Jagung

Petani Dusun Harapan Jaya Coba Tanam Jagung

Kukar, nomorsatukaltim.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) tetap berkomitmen menjalankan program revolusi jagung. Sebagai bentuk ketahanan pangan nasional di tengah pandemi COVID-19.

Karena itu, sebagai tahap awal, Dusun Harapan Jaya, Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu, pada 4 November 2020 panen jagung.

Selaku petani di Dusun Harapan Jaya Hasan mengungkapkan, saat ini pihaknya belum bisa memastikan hasil panen jagung di dusun tersebut. Namun, ia melihat ada prospek yang bagus di kemudian hari.

“Baru panen dan pemula. Artinya pengeluaran berapa dan penghasilannya berapa, itu yang masih kita hitung,” katanya, baru-baru ini.

Menurut Hasan, penanam jagung ini tidak memerlukan biaya yang cukup besar jika dibandingkan dengan komoditi lain.

Manfaat lain, aktivitas bertani dapat mengurangi angka pengangguran di wilayahnya.

“Sebagian pengangguran. Artinya tidak jadi pengangguran,” ujarnya.

Hasan juga berterima kasih kepada Pemkab Kukar yang peduli kepada para petani. Sejauh ini, pemerintah telah memberikan bantuan sarana dan prasarana. Dalam menunjang penanaman jagung tersebut.

“Untuk pemberian bantuan, kita bisa bersyukur dan menikmati. Karena ini kan bertahap,” ungkapnya.

Ditanya mengenai kendala apa saja saat menanam jagung, Hasan menuturkan, proses penjemuran memakan waktu cukup lama hingga kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

“Untuk kendala sementara di proses penjemuran jagung dan pabrik penggiling jagung,” tuturnya. (adv/tor/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: