Sempat Terhenti, Program Imunisasi di Desa Bangun Rejo Kembali Dilakukan

Sempat Terhenti, Program Imunisasi di Desa Bangun Rejo Kembali Dilakukan

Kukar, nomorsatukaltim.com - Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang kembali mengadakan imunisasi kepada balita di wilayahnya.

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi, pelaksanaan imunisasi di Desa Bangun Rejo pada Oktober 2020 sempat terhenti.

Ketua Kader Posyandu Balita, Sulastri mengatakan, pada November 2020 kembali dilakukan namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. “Alhamdulillah program ini berjalan dengan baik, dan pada bulan ini kembali dilaksanakan untuk menjaga kekebalan tubuh bagi si anak,” katanya, Senin (2/11/2020) pagi. Sulastri menjelaskan, selama pandemi mengalami penurunan. Dimana masyarakat takut saat ke luar rumah dan menghindari kerumunan, sehingga layanan sempat terhenti. “Dari bulan pertama sampai bulan dua ada 100 balita, memasuki bulan ketiga menurun sebanyak 77 balita dan sampai bulan September hanya sekitar 65 balita yang datang ke posyandu,” jelasnya. Dia menambahkan, imunisasi digelar rutin sebulan sekali. Akan ada petugas puskesmas dari kecamatan dan desa, yang hadir sesuai dengan wilayahnya. Di tempat yang sama, Bidan Desa Bangun Rejo, Brigita menerangkan, imunisasi yang dilakukan ditujukan untuk balita dari usia nol hingga 19 bulan. Karena kebutuhan vaksin untuk bayi hingga umur 19 bulan tersebut, merupakan imunisasi dasar. “Ada juga yang dilakukan usia nol sampai tujuh hari. Di rumah sakit atau di praktik bidan,” pungkasnya. (tor/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: