Potensi Industri Pengolahan di Kaltim Masih Terbuka Lebar

Potensi Industri Pengolahan di Kaltim Masih Terbuka Lebar

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi menjelaskan, bahwa ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari hilirisasi industri. Contohnya, apabila gas alam dijual langsung dalam bentuk LNG sebanyak 100 MMSCFD atau 33.000 MMSCFY mendapatkan pendapatan senilai USD 164 juta. “Sementara kalau dijual dalam bentuk ammoniak, pendapatannya bisa mencapai USD 346 juta, atau dua kali lipat lebih,” kata Rahmad Pribadi.

Pupuk Kaltim sudah menjalankan pengolahan produk di dalam kawasan industrinya. Selain menjalankan hilirisasi industri, Pupuk Kaltim juga tetap mendukung program ketahanan pangan sebagai tugas utama dari negara. Di mana Pupuk Kaltim mendistribusikan pupuk kepada para petani di seluruh wilayah kerjanya.

Sumber: Paparan Dirut Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi.

Selain itu, Rahmad Pribadi menambahkan saat ini evaluasi terhadap potensi investasi untuk mendukung hilirisasi juga dilakukan. Beberapa evaluasi yang dilakukan adalah beberapa turunan dari gas akan dikembangkan lagi. “Pabrik melamin yang terhenti kemudian bagaimana menghidupkan kembali. Kemudian methanol masuk dalam kajian kami,” pungkasnya. (fey/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: