SPIP Baik, Tata Kelola Pemerintahan akan Baik

SPIP Baik, Tata Kelola Pemerintahan akan Baik

WORKSHOP pengelolaan risiko dalam rangka peningkatan kinerja dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan yang dibuka Pjs Gubernur, Selasa (6/10).(HUMAS PEMPROV KALTARA)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi mengatakan, pengelolaan risiko bagian tidak terpisahkan dari penyelenggaraan sistem pengendalian.

Semakin baik suatu organisasi dalam mengelola risiko, kata Teguh, akan semakin baik juga penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

“Kalau penyelenggaraan SPIP baik, tata kelola pemerintahan juga akan baik,” ujarnya ketika membuka workshop pengelolaan resiko dalam rangka peningkatan kinerja dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Hotel Luminor, Tanjung Selor, Selasa (6/10).

Berdasarkan laporan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) atas hasil Quality Assurance Penyelenggaraan SPIP Kalimantan Utara Nomor LQSPIP-273/PW34/208, maturitas atau kedewasaan SPIP Kalimantan Utara berada pada level III.

“Artinya, Pemprov Kaltara sejauh ini telah melaksanakan pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik, serta melakukan evaluasi pengendalian secara berkala,” ujarnya.

Hal itu juga menunjukkan Pemprov Kaltara telah lebih awal memenuhi amanat presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019, yakni seluruh kementerian/lembaga/pemerintahan daerah harus mencapai maturitas SIP pada level III, dan kapabilitas APIP berada pada level III pada 2019. HMS/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: