Kredit Investasi Tumbuh Positif

Kredit Investasi Tumbuh Positif

Meski pertumbuhan penyaluran kredit melambat. Menurut dia, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) masih tumbuh meningkat sebesar 12,54% (yoy) dari sebelumnya 11,63% (yoy) atau sebesar Rp28,7 triliun.

Peningkatan penghimpunan DPK pada triwulan II 2020. Didorong oleh peningkatan seluruh jenis simpanan. Giro tercatat tumbuh sebesar 18,49% (yoy), deposito tumbuh sebesar 14,94% (yoy) dan tabungan tumbuh sebesar 8,95% (yoy).

“Peningkatan DPK disinyalir sebagai dampak penurunan konsumsi terkait berkurangnya aktivitas masyarakat dan pergerakan penduduk dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19,” katanya.

Karena hal ini, diyakini mendorong perilaku individu maupun korporasi yang cenderung menyimpan uang dan meningkatkan aset dalam bentuk simpanan di bank.

Selain itu, masih rendahnya serapan belanja pemerintah seiring adanya refocusing anggaran. Termasuk pengurangan aktivitas pembangunan selama pandemi COVID-19. “Hal itu turut mendorong tingginya simpanan milik pemerintah di perbankan,” imbuh Bimo. (fey/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: