Ternak Sapi Butuh Modal, Andil Perusahaan Diharapkan

Ternak Sapi Butuh Modal, Andil Perusahaan Diharapkan

Adapun total jumlahnya yakni sebanyak 60 ekor sapi di Kutai Barat (Kubar) 40 ekor sapi di Kutai Kartanegara (Kukar), 60 ekor sapi di Kutai Timur (Kutim), 34 ekor sapi di Berau, 14 ekor sapi di Kota Balikpapan, dan 15 ekor sapi di Kota Samarinda.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris DPKH Yakop Pangedongan. Tak hanya itu, sosialisasi budi daya ternak sapi bibit juga diberikan kepada kelompok ternak di keenam wilayah tersebut. Tujuannya untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman terkait hak dan kewajiban para kelompok ternak.

"Kita (DPKH Kaltim) memiliki harapan yang besar kepada para kelompok ternak agar program (stimulus) ini dapat berjalan dengan baik," terangnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu (20/9).

Program yang dimaksud Yakop adalah stimulus 223 ekor sapi. Yang digelontorkan pemerintah lewat DPKH Kaltim. Ia menyebut keinginannya agar stimulus sapi ini mampu berjalan secara sustainable. Atau bergulir antar kelompok.

“Minimal bisa berkelanjutan 3 sampai 5 tahun kedepan," ucap Yakop.

Diketahui ada 15 kelompok ternak yang hadir pada saat pelatihan stimulus sapi tersebut. Dimana Yakop sendiri kembali mengingatkan pentingnya pertanggungjawaban oleh pihak peternak. Untuk lebih merasa memiliki ternak yang telah dihibahkan.

“Kita tidak terlalu banyak mengintervensi, tapi kita juga ingin melihat bagaimana perkembangan dan pertanggungjawaban terhadap sapi ternak yang diberikan. Jangan sampai mindset-nya kalau hibah itu diberikan secara cuma-cuma,” pungkas Yakop. (nad/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: