Sering Banjir, Warga Pesisir Mahakam Diminta Waspada

Sering Banjir, Warga Pesisir Mahakam Diminta Waspada

Beberapa kawasan pesisir Sungai Mahakam di Kubar sangat rentan terhadap potensi banjir.

Sendawar, nomorsatukaltim.com –  Beberapa hari terakhir. Kawasan hulu Sungai Mahakam di Mahulu masih saja diguyur hujan lebat. Akibatnya, beberapa kawasan pesisir Sungai Mahakam dan Sungai Kedang Pahu di Kubar. Turut merasakan dampaknya. Mendapat banjir kiriman.

Sejumlah kecamatan di Kubar rentan yang dilanda banjir, yaitu Kecamatan Long Iram, Tering, Melak, Muara pahu, Muara Lawa, Penyinggahan, juga sebagian Kecamatan Mook Manar Bulatan.

“Sekarang debit air bertahan. Hampir saja terendam jalan raya di Ibukota Kecamatan Long Iram.  Syukur alhamdulillah sudah mulai surut,” kata Hermansyah (36) warga Kampung Long Iram Ilir, Kecamatan Long Iram, via seluler kepada nomorsatukaltim, Jumat (18/9).

Di Kabupaten Mahulu, kondisi debit air Sungai Mahakam di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, saat ini juga sudah mulai surut. 

“Sampai pagi tadi (Jumat) sudah surut, Pak. Mudahan tidak ada hujan di Long Apari dan Long Pahangai,” ungkap Oktavianus Tomi Hibau, warga Ujoh Bilang via seluler kepada Harian ini.

Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar, juga mengantisipasi banjir di Kubar. Yakni berkoordinasi dengan seluruh camat. Agar memberikan imbauan kepada warga yang bermukim di pesisir untuk tetap waspada.

“Kami melakukan koordinasi dengan para camat. Agar mengimbau warga pesisir Mahakam, untuk selalu waspada,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap-Siagaan BPBD Kubar, Kamius Junaidi.

Untuk sementara BPBD belum menurunkan bantuan. Namun sarana perahu sudah disiapkan jika sejumlah kecamatan di pesisir Mahakam dilanda banjir.

Baca juga: Belum Ada Penerbangan Reguler di Bandara Melalan Kubar

“Bantuan sosial jika terjadi banjir, maka Dinas Sosial yang juga akan turun kelapangan,” tandasnya.(imy/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: