Tambah Dua Perusahaan, Total Sudah 19 Investor Siap Benamkan Modal di KEK Maloy

Tambah Dua Perusahaan, Total Sudah 19 Investor Siap Benamkan Modal di KEK Maloy

Di antaranya, perbaikan jalan arteri sisi kiri dan kanan yang menjadi kewenangan pusat sepanjang 15 kilometer, pembangunan dan penyelesaian jalan dalam kawasan, pematangan lokasi industri dalam kawasan.

Lalu, pembangunan TPA industri dalam kawasan, terminal pelabuhan penumpukan barang, bulking station crude palm oil, IPAL (pembuangan limbah) dan percepatan pembangunan jaringan SUTM Borneo –Mahakam PLN untuk memasok listrik industri dalam kawasan.

Untuk diketahui, setelah KEK MBTK diresmikan presiden, Pelabuhan Maloy tak lagi mendapatkan suntikan anggaran dari APBN. Seluruhnya sudah diserahkan sepenuhnya ke provinsi dan kabupaten setempat.

Transformasi ekonomi merupakan strategi yang harus ditempuh untuk mempertahankan eksistensi. Pemanfaatan teknologi menjadi syarat untuk mewujudkan hal itu. Namun tiap daerah mempunyai berbagai macam konsep.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memiliki konsep yang sudah tersusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Menurut Sa'bani, transformasi ekonomi yang ada di RPJMD merupakan program jangka panjang yang sudah dipikirkan secara matang. Dengan cara mengembangkan sumber daya alam buatan yang ada di Kaltim. Kemudian diolah menjadi produk-produk yang bernilai tambah tinggi. "Tidak bergantung lagi pada sumber daya fosil. Itu yang kita lebih arahkan," terangnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (14/9).

Tujuannya tak lain agar pemanfaatan sumber daya-sumber daya yang bisa diperbaharui bisa digunakan. Namun untuk sumber daya fosil tetap akan dioptimalkan. "Kan (sumber daya fosil) tidak bisa lagi. Tapi dioptimalkan pemanfaatannya," katanya.

Ia menyampaikan, Kaltim sendiri harus bersiap apabila sumber daya fosil itu tidak mendukung lagi perekonomian daerah Bumi Etam. Maka transformasi ekonomi memang perlu dilakukan. "Unrenewable resources ke renewable resources," sambungnya. (nad/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: