Tingkatkan Kualitas Penata Rias

Tingkatkan Kualitas Penata Rias

PEMBINA HARPI Melati Kaltara, Rita Ratina Irianto Lambrie pada pengukuhan pengurus DPD HARPI, Selasa (14/9).(HUMAS PEMPROV KALTARA)

TARAKAN, DISWAY –
Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati, dikukuhkan, Selasa (15/9), bersamaan dengan pelantikan pengurus DPC HARPI Tarakan dan Bulungan periode 2020-2024.

Pembina HARPI Melati Kaltara, Rita Ratina Irianto Lambrie mengatakan, kegiatan yang juga dirangkai dengan sosialisasi tata rias itu, bertujuan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) perias pengantin, sekaligus pengembangan dan pelestarian budaya Indonesia, khususnya di bidang seni rias pengantin. Termasuk adat-adatnya.

“Sebagai perias yang baik, diharapkan dapat menjaga dan melestarikan budaya asli Indonesia khususnya di Kaltara,” katanya.

Rita juga meminta agar para ahli tata rias, dapat membuka pelatihan tata cara merias pengantin, sehingga masyarakat dapat memiliki keterampilan. Dan, pada gilirannya nanti dapat membuka lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran di Kaltara.

“Melalui keahlian tata rias pengantin ini, secara tidak langsung telah membuka lapangan kerja bagi penata rias,” ujarnya.

Sementara itu, dengan terbentuknya HARPI di Kaltara, Rita berharap kepengurusan di tingkat kabupaten hingga kecamatan, dapat segera terbentuk. Sehingga, keahlian para penata rias di Kaltara bisa lebih dikembangkan, guna meningkatkan kreativitas para anggotanya dalam menciptakan berbagai kreasi tata rias pengantin. HMS/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: