Sulitnya Cari Kerja di Bontang

Sulitnya Cari Kerja di Bontang

Tapi, jumlah pekerja luar 36 persen. Padahal, perdanya memberi toleransi 25 persen saja.

"Jangan lihat yang perusahaan subkontraktor lah, kalau PT EUP jumlahnya sudah 81 persen loh," kata HRD PT EUP, Nanser Gultom saat dikonfirmasi.

Tapi apa pun itu. Terlepas perusahaan swasta di Bontang sudah menerapkan Perda soal ketenagakerjaan atau belum. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa Bontang tidak terlalu ramah untuk pencari kerja.

Pertumbuhan masyarakat tidak beriringan dengan jumlah lowongan kerja yang tersedia. Baik pemerintah maupun warganya harus sama-sama tahu. Lalu membuat evaluasi. Apa yang kurang. Kenapa bisa seperti ini.

Iklim investasi kah yang jadi sebabnya. Atau perusahaan yang masih banyak mbalelo. Alias banyak yang belum menerapkan Perda. Tentu ini perlu langkah lebih serius.

 Atau jangan-jangan memang sudah mentok. Karena memang secara geografis, mayoritas kawasan Bontang adalah lautan. Daratannya tidak sampai setengah dari luas wilayah. Sehingga masyarakat perlu juga berhitung. Jika tidak tertampung di perusahaan. Bisa menempuh jalur entrepreneur, atau merantau ke daerah lain. (wal/ava)

Tren Perkembangan Pencari Kerja Tiga Tahun Terakhir Kota Bontang

1. Pelamar Kerja

 -Tahun 2017 total 11.535 orang

 -Tahun 2018 menurun dengan total 10.602 orang

 -Tahun 2019 kembali penurunan menjadi 8.756

2. Lowongan Kerja yang Terdaftar

 -Tahun 2017 totalnya 1.597 orang

 -Tahun 2018 naik dengan total 2.707 orang

 -Tahun 2019 kembali menurun dengan total 1.910 orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: