Wujudkan Pilkada Aman dan Damai

Wujudkan Pilkada Aman dan Damai

DIALOG kebangsaan mewujudkan pilkada yang aman dan damai dihadiri Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Kamis (10/9).(HUMAS PEMPROV KALTARA)

TANJUNG SELOR, DISWAY –
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pilkada yang aman, damai, dan berintegritas.

Itu disampaikanmnya saat membuka dialog kebangsaan mewujudkan pilkada yang aman dan damai di ballroom Hotel Grand Pangeran Khar, Tanjung Selor, Kamis (10/9).

Dialog yang diikuti perwakilan partai politik, ormas, dan berbagai elemen masyarakat itu, Irianto menyampaikan bahwa melalui dialog kebangsaan diharapkan ada kesepahaman untuk bersama-sama mewujudkan jalannya pilkada di Kaltara yang aman dan damai.

Setiap masalah dalam penyelenggaran pilkada, kata Irianto, disebabkan karena kurangnya wawasan kebangsaan di masyarakat, yang tidak memahami nilai-nilai luhur dalam empat pilar bangsa. Yakni Pancasila, UUD RI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Oleh sebab itu, masalah pilkada yang dihadapi sekarang ini, karena adanya kelompok kepentingan yang memaksakan kehendaknya untuk tujuan tertentu,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Irianto, wawasan kebangsaan harus dipahami kembali oleh semua pihak. Karena di dalamnya terkandung nilai-nilai yang dapat membawa bangsa ini tetap utuh berada dalam persatuan dan kesatuan. Dengan mengedepankan sikap mulia seperti gotong royong, musyawarah mufakat, toleransi yang jauh dari sikap mementingkan pribadi dan golongan.

“Salah satu indikator bahwa masyarakat sebagai pemilih yang cakap dan sudah dapat mengambil bagian sebagai subjek dalam pelaksanaan pemilu, apabila masyarakat sudah mampu berpartisipasi aktif untuk turut mengawasi pelaksanaan pemilu di lingkungannya, guna memastikan pelaksanaan pilkada berlangsungnya sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, pilkada bukan arena permusuhan. Namun, sebagai ajang pesta demokrasi untuk memilih pemimpin yang baik. “Jadikan pilkada yang nyaman, aman dan berintegritas. Untuk itu, saya mengajak kepada semua masyarakat untuk membersihkan hati dan pikiran, guna menyukseskan pilkada di Kaltara. Beda pilihan bukan menjadi masalah, yang terpenting jangan saling menyakiti, jangan saling memfitnah. Tetap jaga kerukunan, untuk Kaltara yang aman dan damai,” tuturnya. HMS/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: