RSUD Terancam Tutup

RSUD Terancam Tutup

Tanjung Redeb, Disway – Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) di Berau, semakin mengkhawatirkan. Bahkan, RSUD dr Abdul Rivai, terancam stop pelayanan.

Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi membenarkan kondisi tersebut. Pasalnya, salah satu pasien positif COVID-19 berinisial SY (60) warga Tanjung Redeb, sempat beberapa hari dirawat di ruang Dahlia RSUD dr Abdul Rivai.

“Tadi sudah kami rilis. Yang bersangkutan adalah pasien dengan kode Berau-112,” ujarnya kepada Disway Berau, Minggu (23/8).

Dikatakannya, Ruang Dahlia bukanlah ruang isolasi khusus pasien COVID-19. Berdasarkan informasi yang diperoleh Iswahyudi, SY awalnya didiagnosa memiliki gejala demam berdarah dengue (DBD).

“Memang awalnya diduga seperti itu. Dan memang saat itu mengesampingkan pemikiran bahwa yang bersangkutan terpapar COVID-19,” katanya.

Berdasarkan pemeriksaan, SY memang memiliki gejala demam. Dan beberapa hari dirawat tak menunjukan perbaikan. Untuk itu, RSUD dr Abdul Rivai memutuskan untuk melakukan foto rontgen.

Dari hasil foto rontgen, paru-paru SY terlihat seperti pasien COVID-19 dengan pemburukan. Selanjutnya, SY dilakukan pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) dan hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19.

“Ini memang mengejutkan. Kenapa bisa tak ada yang curiga bahwa yang bersangkutan itu terpapar virus,” ungkapnya.

Iswahyudi mengatakan, yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar. Bahkan anggota keluarganya pun sudah di-tracing.

“Kami masih terus mencari sumber penularannya,” tegasnya.

Iswahyudi menegaskan, sedang melakukan evaluasi terhadap kinerja RSUD dr Abdul Rivai. Dan menugaskan tim untuk melakukan tracing terhadap kontak erat serumah dan kontak erat rumah sakit.

“Ini masih kami kembangkan. Dan saya belum dapat update berapa banyak yang sudah kontak dengan yang bersangkutan,” katanya.

Lanjut Iswahyudi, tidak menutup kemungkinan pelayanan RSUD dr Abdul Rivai akan terhenti. Melihat situasi dan kondisi di sana telah menajadi zona merah.

“Tidak menutup kemungkinan seperti itu,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: