Feri Segera Berlabuh di Maratua

Feri Segera Berlabuh di Maratua

Maratua akan menjadi tempat berlabuh KMP Julung-Julung.

Tanjung Redeb, Disway – Maratua akan menjadi tempat berlabuh Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Julung-Julung. Segera terwujud dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Berau, Abdurrahman mengaku, hal itu dibahas anggota Komisi III DPRD Berau. Saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perhubungan Kaltara, beberapa waktu lalu.

“Kami tidak ikut saat kunker. Namun diminta membuat rekomendasi rute pelayaran di sekitar Pulau Maratua," ujarnya, Rabu (19/8).

Apalagi, tambahnya, manajemen KMP Julung-Julung beberapa waktu lalu menawarkan diri. Untuk bisa singgah di Maratua. Hanya saja, katanya, sebelum direalisasikan, rekomendasi jalur pelayaran harus diketahui.

“KMP Julung-Julung merupakan feri dengan rute penyeberangan Tarakan-Tolitoli, Sulawesi Tengah. Tidak menutup kemungkinan juga Maratua masuk ke dalam rutenya,” tuturnya.

Selain Julung-Julung, tambahnya, Dermaga Tanjung Batu juga diprogramkan menjadi tempat sandar lapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni). Namun wacana tersebut terkendala. Sebab keberadaan alat tangkap bagan yang banyak di perairan itu.

“Sekarang sepertinya sudah tidak ada masalah. Karena bagan di sana sudah banyak yang rusak," jelasnya.

Abdurrahman menyebut telah bekerja sama dengan Pelindo dalam mengelola Dermaga Tanjung Batu. Jika terwujud, kapal pandu akan disiapkan.

“Nanti itu akan disiapkan Pelindo. Karena ada alur-alur yang bisa membuat kapal besar kandas. Jadi dibutuhkan kapal pandu," pungkasnya. (ZZA/ANM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: