Jalan Km 10,5 Dialihkan selama 2 Hari, Khusus R4 dan R6

Jalan Km 10,5 Dialihkan selama 2 Hari, Khusus R4 dan R6

Kemacetan panjang terjadi di jalan alternatif, Jalan Batu Ratna, Karang Joang, KM. 11, Balikpapan Utara, Jumat (14/8) sore. (Andi Muhammad Hafizh/nomorsatukaltim)

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Jajaran Sat Lantas Polresta Balikpapan bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan langsung melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Soekarno Hatta kilometer 10,5. lantaran jalan longsor.

Untuk sementara waktu, hanya kendaraan roda 2 saja yang dapat melintasi di jalan tersebut. Namun untuk kendaraan roda 4 (R4) atau roda 6 (R6) bisa dipastikan tidak dapat melintasi jalan yang amblas pada Jumat (14/8/2020). Sekitar pukul 09.30 Wita.

"Khusus bagi kendaraan roda 4 dan roda 6 harus dialihkan, karena jalan tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan besar," ujar Kasat Lantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono, Jumat (14/8/2020).

Menurut Irawan, saat ini pihak terkait terus berupaya mengerjakan perbaikan jalan tersebut agar bisa segera dilalui kendaraan. Karena itu jalur utama Kota Balikpapan-Samarinda dan sebaliknya.

"Telah kita rekayasa dengan Dishub, sehingga warga yang bepergian ke Balikpapan-Samarinda masih bisa," jelasnya.

Untuk jalur kilometer 10,5 yang longsor ini, akan ditutup dan dialihkan ke jalur alternatif. Selama dua hari ke depan. Sambil melihat situasi di lapangan. Karena terdapat pipa PDAM, maka bisa saja pengerjaanya lebih dari dua hari.

"Kita tutup dan alihkan selama dua hari sambil menunggu pengerjaan pengerasan jalan. Namun jika masih belum bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 dan roda 6 maka jalur alternatif masih bisa digunakan," tambahnya. (Bom/dah)

Adapun jalur alternatif yang dapat digunakan masyarakat di Jalan Soekarno Hatta kilometer 10,5 untuk kendaraan roda 2, roda 4 dan roda 6 adalah:

  1. Arah dari Balikpapan ke Samarinda dapat melintas ke Jl. Kesatria km 8 dan Jl Teppo km 10 akses jalan setelah Paldam tembus ke Jl. PDAM Km 12 menuju ke Jl. Soekarno-Hatta Km 12.
  2. Arah dari Samarinda ke Balikpapan sama dengan sebaliknya, dapat melintas Jl. Soekarno Hatta Km 12 masuk ke Jl. PDAM Km 12 tembus ke Jalan akses tembus ke Paldam atau Jl. Tepo Km 10 dan Jl. Kesatriaan Km 8
  3. Adapun altenatif lain yg ada di wilayah Kota Balikpapan :

a. Arah dari Samarinda menuju Balikpapan dapat melintas melalui Jl. Pulau Balang Km 13 - Jalan penghubung atau tembus Km 13 & Km 5,5 kariangau - tembusnya di Jl. Km 5,5 kariangau menuju simpang Km 5,5 kariangau

b. Arah dari balikpapan menuju Samarinda sebaliknya dapat melewati Simpang Km 5,5 - Jl. Penghubung / tembus Km 5,5 ke Km 13 - Jl. Pendekat Pulau Balang Km 13 - Simpang Tol Jl. Soekarno Hatta km 13

c. Dari bagian Timur Kota Balikpapan dapat melalui Jl. Mulawarman tembus ke Jl. Soekarno Hatta Km 38

  1. Adapun Altenatif lain yg ada di luar Kota Balikpapan, dapat melintas melalui :

a. Jl. Soekarno Hatta Km 28 / akses menuju objek wisata Lamin Etam yg dapat tembus ke Jl. Mulawarman

b. Jl. Soekarno Hatta Km 38 Sepaku , menuju handil s.d Manggar Balikpapan Jl. Mulawarman

c. Untuk R4 keatas / R6 - R10 dapat melintas ke jalan penghubung Km 5,5 kariangau - km 13 pulau balang dan sebaliknya (baik arah dari Samarinda ke Balikpapan maupun arah dari Balikpapan ke Samarinda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: