Membumikan Korfball

Membumikan Korfball

Ketua KONI Berau Al Hamid didampingi Ketua PKSI Berau, La Ode Ilyas menyerahkan ring korfbal kepada kepala SMAN 8 Berau, Muhammad Sodikin.

Tanjung Redeb, Disway – Korfball belum familier. Namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Berau bertekad membumikan olahraga itu. Di semua kecamatan di Berau.

Korfball adalah olahraga mirip bola basket. Dimainkan tim dengan cara melempar bola ke dalam keranjang yang dipasang di tiang. Tingginya sekira 3, 5 meter.

Langkah yang dilakukan KONI adalah sosialisasi. Bagaimana olahraga itu dimainkan. Juga memberi fasilitas yang akan digunakan.

Seperti saat pengurus KONI Berau melakukan kunjungan ke Kecamatan Bidukbiduk, Sabtu (8/8). Ketua KONI Berau, Al Hamid menyerahkan ring korfball. Kepada Kepala SMA 8 Berau, Muhammad Sodikin. Al Hamid didampingi Wakil Ketua I KONI Berau yang juga Ketua Korfball Berau, La Ode Ilyas.

Muhammad Sodikin mengapresiasi fasilitas yang diterima.

Untuk digunakan bermain olahraga yang belum pernah dimainkan sebelumnya. Di Kecamatan Bidukbiduk.

“Memang korfball kurang familier (akrab) bagi warga. Tapi saya rasa bisa. Bahkan berpotensi dikembangkan di Bidukbiduk. Khususnya korfball pantai. Kami mengapresiasi KONI dan pengurus korfball Berau,” ujarnya.

Dengan adanya dukungan, pihaknya antusias mempersiapkan generasi muda dalam menyambut Porprov 2022 mendatang.

Salah satunya melakukan pembinaan siswa. “Di porprov ada lima cabor dilaksanakan di Bidukbiduk. Termasuk korfball," katanya.

Ketua Persatuan Korfball Seluruh Indonesia (PKSI) Berau La Ode Ilyas membenarkan, Bidukbiduk akan menjadi tempat diselenggarakannya beberapa cabor. Salah satunya adalah korfball pantai.

Di Bidukbiduk, sebutnya, baik pelajar maupun masyarakat umum belum mengenal olahraga korfball. Sehingga penting untuk mensosialisasikannya.

“Dengan bantuan fasilitas ring korfball, harapannya akan mencetak atlet korfball dari Bidukbiduk untuk Porprov Kaltim 2022," harapnya.

Ia berjanji akan ke Bidukbiduk lagi membawa atlet korfball indoor Berau untuk melakukan ekshibisi. Sekaligus memperkenalkan bagaimana bermain korfball.

Sementara Ketua KONI Berau Al Hamid menaruh harapan kepada pihak SMA 8 Berau. Untuk membina generasi muda.

“Kami mohon dukungan semua pihak. Berharap generasi muda di Bidukbiduk dapat berlaga di Porprov mendatang. Di cabang yang dipertandingkan di Bidukbiduk. Salah satunya korfball,” pungkasnya. */ZZA/ANM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: