Pertahankan Prestasi, Siap Hadapi Penilaian Nasional

Pertahankan Prestasi, Siap Hadapi Penilaian Nasional

Perpustakaan Harapan Bangsa Kampung Pegat Bukur menjadi wakil Kaltim dalam lomba perpustakaan Nasional.

Tanjung Redeb, Disway – Perpustakaan SMA Negeri 2 Berau dan Perpustakaan Harapan Bangsa Kampung Pegat Bukur, tengah bersiap-siap menyambut penilaian lomba perpustakaan nasional yang diperkirakan September mendatang.

Kepala Bidang Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembinaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau, Suwito menyampaikan, pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan dalam mendukung ajang tersebut.

Beberapa hari kedepan, akan dijadwalkan pendampingan kedua perpustakaan yang mengikuti lomba tersebut. Mulai latihan presentasi kapus di ruang multimedia perpus kampung, pengambilan video sarpras, pengambilan video testimoni kepala kampung dan cek kesiapan sarpras dan pemasangan grafik/statistik Perpus

“Sudah kami susun jadwalnya, dan besok akan ke Kampung Pegat Bukur,” ujarnya.

Persiapan ini harus dilakukan secara matang. Sehingga maksimal ketika pelaksanaan penilaian. Yaitu, kelengkapan daya dukung sembilan komponen penilaian, penyambutan visitasi asesor Perpustakaan Nasional dan optimalisasi presentasi lomba.

“Kami berharap bisa selesai tepat waktu sehingga mendapatkan penilaian terbaik,” harapnya.

Sebelum ke nasional, dalam perlombaan perpustakaan tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau berhasil mendominasi dengan meraih juara I dan II untuk kategori perpustakaan kampung dan sekolah.

Perpustakaan ‘SMADA’ SMA Negeri 2 Berau berhasil mendapatkan juara I dan perpustakaan ‘GARLIP’ SMA Negeri 4 Berau dengan juara II.

Sementara pemenang lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Timur berhasil diraih oleh Perpustakaan Harapan Bangsa Kampung Pegat Bukur untuk juara I dan juara III diraih oleh Perpustakaan Kampung Talisayan.

“Setiap tahunnya berhasil mencatatkan capaian luar biasa dalam ajang yang sama. Semoga ini bisa dipertahankan terus.

Tentu saja target kita dalam memaksimalkan perpustakaan ini adalah untuk meningkatkan minat baca di masyarakat,” pungkasnya. (humas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: