Kawasan Bisnis Kekinian di Citra Niaga Jadi Episentrum Baru

Kawasan Bisnis Kekinian di Citra Niaga Jadi Episentrum Baru

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Citra Niaga merupakan pusat perdagangan yang menjadi ikon Kota Samarinda sejak era 1990an. Memasuki era milenium, keberadaan Citra Niaga mulai terabaikan.  Dengan munculnya berbagai pusat perbelanjaan modern di Kota Tepian.

Salah satu upaya pemerintah kota mempertahankan Citra Niaga dengan menetapkan kawasan ini sebagai pusat wisata belanja oleh-oleh khas Kaltim. Mulai dari jajanan, suvenir, kain, dan kaos khas Bumi Etam.

Sayangnya, karena kurangnya perawatan, tempat ini menjadi kumuh dan kurang diminati warga sekitar. Pada Februari 2020, beberapa kelompok pengusaha muda mulai mendirikan bisnis kekinian di kawasan Citra Niaga.

Pionirnya, Kedai Kopi Sajen yang didirikan Adi Chandra. Tak lama kemudian, banyak coffee shop sejenis yang ikut meramaikan kawasan pasar wisata belanja ini. Tempat yang awalnya sepi ini pun menjadi ramai dikunjungi. Terutama oleh kawula muda.

Selain kedai kopi, saat ini juga banyak bisnis kekinian yang ikut menjajal peluang baru di Citra Niaga. Khuzaifi Yahya, salah satunya. Pengusaha muda ini, membuka bisnis kuliner Eatmienow sejak Maret 2020 lalu. Ia mengakui, suasana nongkrong di Citra Niaga yang menjadi hits saat ini, dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis.

Eatmienow melayani pelanggan. (Dian Adi/nomorsatukaltim.com)

"Saya datang ke Citra, tujuannya bukan cuman peluang cuan. Goals saya adalah produk saya masuk ke Citra sebagai batu loncatan agar produk saya ini, bisa dikenal dan bisa jual" ujar Khuzaifi kepada Disway Kaltim, Minggu (9/8).

Insting bisnis Khuzaifi benar. Usaha kuliner olahan mie goreng yang ia rintis ini laris manis. Kedai yang buka mulai pukul 10.30 pagi hingga pukul 12 malam ini bisa melayani 70 hingga 80 porsi per hari. Per bulan, Khuzaifi bisa meraup omzet hingga Rp 45 juta.

Bahkan, dalam kurun waktu lebih kurang 4 bulan, kini brand Eatmienow, akan ekspansi ke tengah kota. Dengan membuka cabang baru di sana. "Rencana untuk achive tahun ini ada 3 outlet eatminow di Kota Samarinda. Cita-citanya produk lokal Samarinda ini bisa menusantara," jelas Khuzaifi menyampaikan rencana bisnisnya ke depan.

Selain Eatmienow, Khuzaifi merupakan pengusaha kuliner yang memiliki beberapa brand usaha dibidang food and beverage. Di antaranya Sambel Setan Cakdjarot, Nasi Uduk Bakar Cakdjarot, dan Kopi Patah Hati Indonesia. Serta founder dari Selingkaran Creative Food.

Selain diisi oleh pengusaha kawakan. Citra Niaga juga memberikan peluang bisnis bagi anak muda yang ingin memulai berwirausaha. Seperti yang dilakukan William Mallisa Rantemarampa. Mahasiswa Kedokteran Universitas Mulawarman (Unmul) ini, memberanikan diri membuka usaha bersama kedua rekannya. Hieronimus Wilman Rantemarampa dan Ibnu Rachmadi.

Dengan membuka usaha Jack's Burger. "Di sini kopi banyak. Hampir semua booth ada kopi. Jadi kita ke makanan. Kebetulan saya hobi masak," kata Li, sapaan akrabnya. Bercerita kepada Disway Kaltim saat berkunjung ke kedainya, di Citra Niaga Blok A, Sabtu (8/8).

William Mallisa Rantemarampa. (Dian Adi/nomorsatukaltim.com)

Ia memilih membuka usaha di Kawasan Citra Niaga, karena dinilai lebih rasional. Dibanding dengan membuka booth di mall yang saat ini sedang sepi karena pandemi. Atau membuka kedai di pusat kota yang memiliki harga sewa yang jauh lebih mahal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: