Sangalaki Dibuka 10 Agustus

Sangalaki Dibuka 10 Agustus

Taman wisata alam Pulau Sangalaki bakal dibuka 10 Agustus.

Tanjung Redeb, Disway - Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Sangalaki, Kecamatan Pulau Derawan dibuka 10 Agustus. Setelah ditutup beberapa bulan karena penyebaran COVID-19.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, Dheny Mardiono membenarkannya. "Pembukaan tahap pertama bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 10 Agustus," ujarnya, Jumat (7/8).

Dijelaskannya, pembukaan tahap pertama hanya untuk pengunjung atau wisatawan wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

"Akan diterapkan protokol kesehatan (prokes). Pengunjung harus memiliki surat kesehatan sehat dari puskesmas atau rumah sakit," katanya.

Dheny menyebutkan, pengunjung juga harus melakukan registrasi di kantor SKW I BKSDA di Tanjung Redeb. Atau melalui WhatsApp di nomor 081218839030.

Sementara pembukaan tahap kedua, tambahnya, diperkirakan Oktober. Dibuka untuk wisatawan domestik.

"Untuk wisatawan mancanegara belum bisa. Kemungkinan baru bisa dilakukan setelah ada evaluasi di akhir 2020," tandasnya.

Pada pembukaan Pulau Sangalaki, dirangkaikan dengan peringatan HKAN dengan melepas ribuan ekor tukik ke laut.

Juga melakukan kegiatan bersih-bersih pantai. "Diminta masyarakat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi ke laut," harap Dheny. (ZZA/ANM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: