Sinergikan Program dengan Baznas

Sinergikan Program dengan Baznas

Penyerahan infak pribadi Gubernur Kaltara Irianto Lambrie kepada Ketua Baznas Tarakan KH Zainuddin Dalila, Kamis (6/8).

Tarakan , Disway – Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie akan menyinergikan sejumlah program kerja Pemprov dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tarakan.

Program tersebut, yakni rehab rumah warga kurang mampu, pengobatan gratis di RSUD Kaltara di Tarakan, serta pengelolaan sebagian zakat, infak dan sedekah (ZIS) Baznas Kaltara, oleh Baznas Tarakan. Rencana ini, tentunya sangat beralasan.

“Saya sampaikan salut atas tata kelola yang baik dalam pengumpulan maupun penyaluran zakat, infak dan sedekah oleh Baznas Kota Tarakan selama ini. Dan, memang tata kelola ZIS oleh Baznas Kota Tarakan, mendapatkan pujian langsung dari pihak Kementerian Agama,” kata Irianto.

“Jadi, memang layak menjadi yang terbaik di Indonesia, sebagaimana yang disandang selama ini,” tambahnya ketika menghadiri pertemuan dengan jajaran Baznas Tarakan, Kamis (6/8).

Hal tersebut, sekaligus menjawab permohonan yang disampaikan Ketua Baznas Tarakan, KH Zainuddin Dalila. “Sesuai laporan dari Ketua Baznas Kota Tarakan, saya akui banyak hal yang memang belum dipikirkan oleh saya.

Namun, telah dilakukan oleh Baznas Kota Tarakan. Dari itu, saya menilai pentingnya sinergitas antara Pemprov Kaltara dengan Baznas Kota Tarakan,” ujar Irianto.

Pertama, soal program bedah atau rehab rumah, Irianto meminta agar anggaran rehab rumah yang sudah dialokasikan di APBD Kaltara, melalui DPUPR-Perkim. Untuk dapat disinergikan dan dikoordinasikan pelaksanaannya dengan Baznas Tarakan.

“Utamanya, untuk mengakomodir rehab rumah warga kurang mampu di Tarakan,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga meminta kepada RSUD Provinsi Kaltara, agar dapat mengakomodasi mustahik, untuk dirawat di RSUD Provinsi. “Saya juga memerintahkan, agar sebagian anggaran ZIS yang terkumpul di Baznas Provinsi Kaltara, untuk diserahkan kepada Baznas Kota Tarakan.

Ini untuk memenuhi kebutuhan penyaluran ZIS bagi mustahik yang membutuhkan lewat berbagai program, yang dilakukan Baznas Kota Tarakan,” ujarnya.

Terakhir, Irianto juga meminta kepada pengurus Baznas Tarakan membuat proposal usulan pembangunan sekretariat ke Pemprov Kaltara. HMS/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: