Kebersihan jadi Pemikat Wisatawan

Kebersihan jadi Pemikat Wisatawan

Wabup Berau Agus Tantomo saat mengikuti kegiatan aksi bersih pantai beberapa waktu lalu.

Tanjung Redeb, Disway – Sapta pesona memiliki tujuh poin penting yang wajib diperhatikan pelaku usaha dan pengelola destinasi wisata. Salah satunya kebersihan, sebagai pemikat wisatawan saat berkunjung.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo mengingatkan, pengelola destinasi wisata untuk memperhatikan kebersihan. Terlebih, rencana membuka kembali objek wisata menghadapi tatanan kehidupan normal baru (new normal).

Menurutnya, masa pandemik COVID-19 dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan menata kembali wisata. Termasuk pengelolaan kebersihannya. Tujuannya, memberikan suasana baru bagi wisatawan yang akan menikmati liburan di destinasi wisata Kabupaten Berau.

“Ini waktu yang tepat, membenahi destinasi wisata dengan baik, sehingga saat dibuka kembali sudah menghadirkan suasana yang nyaman bagi wisatawan,” ungkapnya.

Selain itu, pengelola destinasi wisata harus memastikan setiap titik pintu masuk objek wisata telah disiapkan sesuai standar operasional prosedur (SOP) protokol Kesehatan. Seperti sarana mencuci tangan hingga pemeriksaan lainnya.

“SOP-nya sudah ada, tinggal dipastikan sudah dipenuhi sebelum destinasi dibuka kembali,” jelasnya.

Agus Tantomo berharap, kebijakan relaksasi menuju new normal yang diberikan pemerintah, dengan mengizinkan membuka objek wisata akan kembali menggerakkan ekonomi masyarakat. Hanya saja, pandemik COVID-19 yang belum sepenuhnya terkendali harus menjadi perhatian serius.

Untuk itu, siapapun terlibat dalam pariwisata harus bisa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Sehingga, kegiatan pariwisatan tetap bisa berjalan dan penularan COVID-19 dapat dicegah.

“Sektor pariwisata yang paling terpuruk saat pandemik COVID-19. Kami berharap dengan dibukanya destinasi wisata secara bertahap ini akan kembali menggerakkan ekonomi masyarakat, yang terpenting protokol kesehatan harus dipatuhi,” tandasnya. (humas/app)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: