Indrajit di Tarik ke Mabes

Indrajit di Tarik ke Mabes

Irjen Pol, Indrajit memimpin upacara di taman makam pahlawan,beberapa waktu lalu.

Tanjung Selor, Disway – Pucuk pimpinan di Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara, berganti. Irjen Pol. Indrajit yang bertugas sebagai Kapolda Kaltara sejak Maret 2018, digantikan Irjen Pol. Bambang Kristiyono.

“Iya, betul. Hari ini (kemarin) ada mutasi sejumlah pejabat tinggi (Pati) di Mabes Polri, termasuk Kapolda Kaltara Irjen Pol. Indrajit,” ujar Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Berliando, Selasa (4/8).

Dikatakan Berliando, pergeseran pimpinan di tubuh kepolisian, merupakan hal yang lumrah. Sehingga, ia pun menegaskan bahwa mutasi tidak ada kaitannya dengan isu politik yang berkembang selama ini.

Apalagi, lanjutnya, Irjen Pol. Indrajit yang ditempatkan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri itu, akan memasuki masa purnatugas. September 2020.

“Ini murni penyegaran di institusi Polri. Biasa terjadi. Apalagi, beliau itu sudah menjabat lebih 2 tahun. Ya, memang menurut pertimbangan Kapolri, mungkin sudah waktunya ditarik ke Mabes,” ujar Berliando.

“Mutasi ini, juga sebagai pembinaan dan pengembangan karier anggota Polri yang lain,” sambungnya.

Bila Indrajit usai dimutasi akan maju dalam kontestasi politik di Kalimantan Utara, menurutnya, itu merupakan hak personal dari yang bersangkutan. Namun, yang bersangkutan wajib mengundurkan diri dari lembaga kepolisian.

Sebab, kata Berliando, institusi Polri sendiri melarang anggota aktif, terlibat dalam dunia politik. Hal itu, tidak sejalan dengan tugas dan fungsi kepolisian sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

“Untuk pisah sambut di Polda Kaltara, saat ini, masih kami rapatkan dengan pejabat utama dan Wakapolda Kaltara. Tetapi, biasanya itu, dilaksanakan maksimal 14 hari setelah mutasi dilakukan,” kata Berliando.

Diketahui, mutasi Kapolda Kaltara beserta sejumlah pati dan pamen, tertuang dalam surat telegram bernomor 2247/VIII/KEP/2020. Telegram tersebut, ditekan Asisten SDM Kapolri, Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Indrajit, sebelumnya resmi menjabat sebagai Kapolda Kaltara sejak 15 Maret 2018. Ia dilantik Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, yang saat ini menjabat sebagai Mendagri. Indrajit merupakan Kapolda Kaltara pertama, sejak Polda Kaltara resmi terbentuk pada 9 Januari 2018.

Di bawah kepemimpinan Indrajit, Polda Kaltara kini naik status, dari tipe B menjadi tipe A, dengan membawahi Polres Bulungan, Polres Nunukan, Polres Malinau, dan Polres Tarakan. */ZUH/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: