Rp 5 M Perlebar Jalan Tunon Taka

Rp 5 M Perlebar Jalan Tunon Taka

Pelabuhan Tunon Taka Nunukan saat tahap pekerjaan, Juni 2020 lalu.

Tanjung Selor, Disway - Sinergi pusat dan daerah dibutuhkan dalam pembangunan di Kaltara. Salah satunya di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan. Pelabuhan sudah direnovasi pusat, giliran daerah yang memperbaiki jalannya.

Makanya, menurut Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie, ruas jalan di depan Pelabuhan Tunon Taka akan diperlebar dan diaspal. Sebab saat ini, eksisting jalan di depan pelabuhan penyeberangan antar pulau milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) itu mengalami kerusakan dan belum teraspal.

Dikatakan, ruas jalan di depan pelabuhan itu sudah menjadi kewenangan Pemprov Kaltara. “Disayangkan jika jalannya masih rusak dan belum beraspal. Karena pelabuhannya sudah sangat bagus setelah direnovasi pemerintah (pusat),” ujarnya Minggu (2/8).

“Bentuk sinergi kita. Pelabuhan sudah direnovasi, kita daerah memperbaiki jalannya,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi dari Dinas PUPR Perkim Kaltara, seperti dirilis Humas Pemprov Kaltara, Pelabuhan Tunon Taka diguyur Rp 100 miliar dalam proses renovasinya.

Adapun untuk perbaikan jalannya, Pemprov Kaltara menyiapkan anggaran dalam APBD berkisar Rp 4,5 miliar sampai Rp 5 miliar.

“Tidak terlalu panjang. Hanya 160-an meter. Nanti akan dibuat 4 lajur,” ujarnya.

“Sebetulnya pernah sudah kita anggarkan. Cuma waktu itu permasalahannya terhadap aset milik Pelindo belum tuntas.

Sekarang Pelindo menyatakan sudah tuntas. Sehingga nanti ada penyerahan dari Pelindo untuk pelebaran badan jalan,” imbuhnya.

Gubernur mengatakan, perbaikan jalan di depan Pelabuhan Tunon Taka akan memberi dampak positif baik secara ekonomi maupun keamanan dan kelancaran transportasi darat transportasi laut sungai. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: