Bulungan Tambah 2, Nunukan 1

Bulungan Tambah 2, Nunukan 1

Foto int

Tanjung Selor, Disway - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltara, Agus Suwandi mengumumkan tambahan kasus terkonfirmasi positif virus corona. Di penghujung Juli, bertepatan dengan perayaan Idul Adha, Jumat (31/7).

Penambahan terjadi di Kabupaten Bulungan 2 kasus dan Kabupaten Nunukan 1 kasus. Dua kasus konfirmasi positif COVID-19 di Bulungan, yakni laki-laki inisial AP (21). Dari hasil penelusuran petugas kesehatan, AP diketahui berdomisili di Kecamatan Tanjung Palas Utara, Bulungan.

Sementara, satu pasien lainya juga berjenis kelamin laki-laki inisial AA (21), domisili di Tarakan atau luar daerah Bulungan.

"Diduga kedua pasien terkonfirmasi di Bulungan. Transmisi lokal. Kami sementara melakukan tracing atau pelacakan kontak erat kedua orang ini," katanya.

Dengan adanya penambahan dua warga yang positif COVID-19 di Bulungan, berarti sampai saat ini jumlah kasus terkonfirmasi di Ibu Kota Kaltara bertambah menjadi 47 kasus.

Meski begitu, dari total 47 kasus, 41 orang telah dinyatakan sembuh. 2 orang di antaranya meninggal dunia, dan empat orang masih perawatan.

Selain Bulungan, katanya, penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 di suasana Idul Adha terjadi di Kabupaten Nunukan. Di kabupaten yang berbatasan dengan Malaysia tersebut, terjadi penambahan satu kasus.

Yakni, seorang perempuan DH (48), dugaan kontak di Tarakan."Nunukan ini semula sudah nol kasus," ungkapnya.

Secara keseluruhan, per 31 Juli 2020 kasus positif COVID-19 di Kaltara 284 kasus. "Sudah sembuh 214, masih dirawat 68 orang," tambahnya.

Kendati ada penambahan kasus terkonfirmasi, secara umum penyebaran virus corona di kaltara berangsur menurun.

Tetapi tim gugus tugas tetap mengimbau warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, mengenakan masker dan menjaga imunitas tubuh.(*/ZUH)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: