Wujudkan Kelurahan Tematik

Wujudkan Kelurahan Tematik

Warga Kelurahan Tanjung Redeb, mulai membuat bedengan sebagai pemanfaatan halaman rumah untuk menjadi kebun mini. Selain itu, sampah juga jadi perhatian.

Tanjung Redeb, Disway – Sampah dan pemanfaatan perkarangan rumah menjadi perhatian Kelurahan Tanjung Redeb.

Sadar akan bahaya sampah, Pemerintah Kelurahan Tanjung Redeb, maksimalkan pengelolaan sampah. Kelurahan Tanjung Redeb, yang tercatat sebagai salah satu perwakilan Berau dalam pengelolaan bank sampahnya.

Lurah Tanjung Redeb, Harjupri mengatakan, bahwa ini merupakan konsistensi dari masyarakat atas kepedulian terhadap sampah. Selama pandemik Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) berlangsung, pihaknya memberikan kebijakan dengan membatasi jumlah masyarakat yang mengelola bank sampah.

“Biasanya masyarakat mengelola bank sampah itu beramai-ramai. Tapi kali ini, kami minta untuk dibatasi agar lebih aman,” ujarnya kepada Disway Berau.

Selain bank sampah. Pihaknya pun pokus pada penataan dan keindahan Kelurahan Tanjung Redeb. Diakuinya, telah menggelar pelatihan budidaya tanaman hingga pelatihan ekowisata.

“Kegiatan ini dilakukan agar para peserta mendapat pengetahuan dan skil yang mumpuni. Jadi masyarakat selama pandemik ini bisa membuat kesibukan di rumah saja,” katanya.

Dalam mengelola sampah, pihaknya membuat pola berbeda. Yakni, dengan memberikan mandat kepada setiap ketua RT di Kelurahan Tanjung Redeb.

Misalnya, RT 18 difokuskan dalam pengelolaan bank sampah atau RT 7 menjadi RT rintisan program bersih, hijau dan sehat.

Serta di RT 9 sebagai RT yang akan dieksplorasi potensinya.

“Setiap RT mendapatkan tugas yang berbeda-beda dengan sesuai opsinya,” terangnya.

Harjupri berkeinginan, agar semua RT di wilayah Kelurahan Tanjung Redeb memiliki bank sampah. Kemudian juga memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman produktif, pengelolaan sampah, eksplorasi wisata artifical dan mendukung terwujudnya kelurahan tematik.

“Jadi masyarakat akan dituntut untuk memiliki rencana aksi. Rencana aksi itu nantinya akan diimplementasikan di lapangan,” pungkasnya.*/fst/app

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: