Pelantikan Pengurus LK3

Pelantikan Pengurus LK3

Asisten I Setkab Berau, Datu Kesuma menyerahkan SK kepada pengurus LK3 periode 2020-2021 yang telah dilantik.

Tanjung Redeb, Disway – Pengurus Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) periode 2020-2021 secara resmi dilantik, Senin (27/7). Pelantikan disaksikan Asisten I Setkab Berau, Datu Kesuma mewakili Bupati Berau Muharram.

Selain pelantikan LK3, dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan pemenang seleksi pilar-pilar organisasi social. Di antaranya, karang taruna, pekerja sosial masyarakat (PSM), dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) berprestasi tahun 2020.

Penyerahan piagam oleh Asisten I Setkab Berau, Datu Kesuma didampinggi Kepala Dinas Sosial Berau, Totoh Hermanto serta disaksikan oleh tamu undangan.

Asisten I Setkab Berau, Datu Kesuma membacakan sambutan Bupati Muharram, UU Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial mengamanatkan bahwa pelaksanaan peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, dapat dilakukan melalui koordinasi antarlembaga/organisasi sosial dengan membentuk lembaga koordinasi kesejahteraan sosial non pemerintah dan bersifat terbuka, independen, serta mandiri yang dibentuk di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota dan masing-masing bersifat otonom dan bukan lembaga yang mempunyai hubungan hierarki.

“Sehingga bisa meningkatkan kemampuan keluarga dalam memecahkan masalah sendiri. Dan targetnya dapat mewujudkan kesejahteraan keluarga. Ini sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam upaya memberikan pelayan, konseling dan konsultasi sekaligus pendampingan kepada keluarga secara intensif dan profesional,” jelas Datu Kesuma.

LKKS dan LK3 merupakan lembaga atau organinasi yang memberikan pelayanan konseling, konsultasi, pemberian informasi, penjangkauan, perlindungan, dan pendampingan bagi keluarga.

Termasuk, merujuk sasaran ke lembaga pelayanan lain yang mampu memecahkan masalahnya secara lebih intensif.

“Diharapkan, melalui pelantikan ini dapat memperkuat peran serta dalam mewujudkan kesejahteraan sosial dan memiliki tanggung jawab bersama dalam memperkuat target ini secara berkelanjutan. Selamat bekerja kepada para pengurus,” tambahnya.

Pada kesempatan itu juga, diharapkan agar LK3 bisa berperan aktif dalam mencegah penyebaran virus corona yang saat ini masih menghantui.

Dengan mengkampanyekan untuk penerapan hidup bersih dan sehat serta menggunakan masker. “Kita saat ini masih dalam situasi yang tetap siaga selalu,” pungkasnya. HUMAS/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: