Tertinggi Sepanjang Sejarah

Tertinggi Sepanjang Sejarah

Harga emas Antam mencapai Rp 1 juta per gram, Senin (27/7). Harga tersebut, tertinggi sepanjang sejarah.

Tanjung Redeb, Disway – Harga emas Antam yang mencapai Rp 997 ribu per gram, Senin (27/7), menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah.

Bahkan, di Pegadaian Cabang Tanjung Redeb, Berau, harga emas Antam mencapai Rp 1.012.000 per gram.

Menurut Pimpinan Pegadaian Cabang Tanjung Redeb, Yusuf, dalam sepekan terakhir, harga emas telah mencapai Rp 900 ribu/gram. Setelah sempat fluktuatif, harga emas kembali menguat.

Bahkan, dia menyebut bahwa 2020 ini, kenaikan harga emas cenderung paling cepat jika dibandingkan 5 tahun terakhir.

“Harga emas dunia bahkan bisa diprediksi meningkat hingga 2.000 dolar AS, jika kondisi ekonomi dunia cenderung kurang stabil,” ujar Yusuf, kemarin.

Dikatakan, pemicu kenaikan harga emas adalah pandemik virus Corona yang mampu mengoreksi setiap ekonomi negara. Sehingga, negara-negara yang tidak banyak memiliki cadangan devisa, menginvestasikan ke emas.

Selain itu, dibanding jenis investasi yang lain, harga emas jarang terkoreksi hingga harga terendah. Selain pandemik, kenaikan emas dipengaruhi oleh adanya isu antarnegara.

“Karena adanya dinamika global yang mengguncang pasar keuangan, kita juga tidak jarang mendengar isu akan krisis nasional itu bisa jadi pemicu. Ketika masyarakat sekarang sudah melek investasi, asetnya akan dialihkan pada sektor yang lebih aman,” jelasnya.

Menurut Yusuf, walaupun harga emas mencapai harga tertinggi, bisa saja kembali terkoreksi seperti hari-hari sebelumnya. Sebab, harga buyback emas masih berbeda jauh dari harga per gramnya. Hal itu sebagai antisipasi kenaikan harga emas yang berbeda-beda tiap harinya.

Namun, akibat harga emas yang cenderung meningkat, diakuinya animo masyarakat untuk melakukan kredit dalam bentuk menggadaikan, belum meningkat secara signifikan. */RAP/REY


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: