Upacara Kemerdekaan Digelar Sederhana

Upacara Kemerdekaan Digelar Sederhana

ASISTEN I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Berau, Datu Kesuma memimpin rapat persiapan HUT ke-75 Republik Indonesia bersama instansi terkait, Selasa (21/7).

Tanjung Redeb, Disway – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau kembali membahas pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 mendatang, menindak lanjuti instruksi pemerintah pusat.

Pembahasan yang diselenggarakan di ruang rapat Sangalaki Setkab Berau, Selasa (21/7) kemarin, dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Berau, Datu Kesuma

Berdasarkan petunjuk, pelaksanaan di tengah pandemik COVID-19, akan digelar sederhana. Tidak ada gelar pasukan seperti tahun tahun sebelumnya. Upacara peringatan detik detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih, digelar terbatas di halaman Kantor Bupati Berau.

“Jadi tahun ini peringatan HUT RI agak berbeda dari sebelumnya, karena tahun ini dilaksanakan di masa COVID-19. Peserta maupun undangan terbatas,” ungkapnya usai pertemuan pembahasan pelaksanaan HUT RI di tengah COVID-19, kemarin.

Undangan pada puncak peringatan HUT RI, dijelaskan Kesuma, hanya jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) tanpa didampingi istri, serta beberapa instansi vertikal.

Sementara, peserta upacara hanya jajaran TNI/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja dengan jumlah personil maksimal 10 orang. Sehingga, jumlah barisan peserta hanya 30 personil ditambah dengan pasukan korsik.

Bahkan, paduan suara tahun ini ditiadakan.

“Sesuai dengan petunjuk yang ada memang ada pembatasan, seperti paskibraka tahun ini tidak ada.

Pengibaran hanya dilakukan tiga orang,” jelasnya.

Namun, masyarakat diminta untuk menghentikan aktivitas sementara waktu saat pelaksanaan upacara kemerdekaan Indonesia. Dikatakannya, Panitia HUT RI akan menyiapkan beberapa titik sirine sebagai tanda peringatan detik detik proklamasi, di area pasar, dermaga maupun di sepanjang Sungai Segah.

“Jadi kami minta masyarakat turut memberikan penghormatan dengan menghentikan kegiatannya sejenak,” ungkapnya.

Usai peringatan di halaman Kantor Bupati Berau, akan dilanjutkan dengan peringatan HUT RI secara virtual bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kegiatan ini, akan dipusatkan di Balai Mufakat Tanjung Redeb dengan dihadiri Forkopimda. Sedangkan pejabat di lingkungan Pemkab Berau dapat mengikuti upacara virtual di kantor maupun rumah masing masing. Selain itu juga akan dilanjutkan dengan kegiatan ziarah ke taman makam pahlawan.

Kegiatan upacara HUT RI, ditegaskan hanya dipusatkan di ibukota kabupaten. Sementara untuk di tingkat kecamatan sesuai dengan petunjuk, tidak dilaksanakan atau ditiadakan sebagai upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

Meskipun upacara detik detik proklamasi digelar sederhana, namun Pemkab Berau mengimbau masyarakat untuk tetap menyemarakkan Hari Kemerdekaan dengan mengibarkan bendera merah putih dan umbul umbul di lingkungan masing masing.

“Masyarakat diimbau untuk tetap menyemarakkan HUT RI dengan pengibarkan bendera dan memasang umbul umbul,” tandasnya. (HUMAS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: