Bantah Merapat ke RM, Jumiati: Tetap AHB

Bantah Merapat ke RM, Jumiati: Tetap AHB



BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com - Ketua DPC PPP Balikpapan Jumiati, menegaskan sikap partainya. Di tingkat kota, pihaknya tetap mengusulkan nama Ahmad Basir (AHB). Diusung sebagai bakal calon kepala daerah Balikpapan.

Hal ini menyusul informasi bahwa PPP juga mulai merapat ke Rahmad Mas’ud (RM). "Iya. Betul (tetap AHB, Red.). Tidak ada perubahan. Sedang diproses," katanya, Selasa (21/7) kemarin.

Nama AHB, merupakan sikap yang diambil dari hasil Rapat Kerja Cabang (Rakercab) DPC PPP Balikpapan, November 2019. Di mana, ada sejumlah nama yang mendaftar sebagai bacalon kepala daerah kala itu. Salah satunya, Ahmad Basir.

Pihaknya, lanjut Jumiati, telah mengusulkan nama itu ke DPW PPP Kaltim, untuk diteruskan ke DPP PPP. "Kita usulkan ke DPP melalui DPW. DPC mengajukan hasil rapat kerjanya," tambahnya.

Menurutnya, nama AHB telah diusulkan ke DPP oleh DPW. Melalui Gamalis, sekretaris DPW PPP Kaltim. "Kemarin sudah dibawa ke Jakarta kok," ujarnya.

Berita Terkait: Rahmad Calon Tunggal

Sebelumnya, Ahmad Basir mengklaim dirinya telah mendapat dukungan dari sejumlah partai. Antara lain NasDem, PPP, Hanura dan Perindo. Namun, kabar terbaru, Hanura memilih balik badan ke RM.

Kabar beredar, setelah Hanura pindah haluan ke Rahmad, PPP juga mengikuti. Namun, itu dibantah Jumiati. Menurutnya, pihaknya tetap pada pilihan awal. Mengusung Ahmad Basir. Itu sudah menjadi keputusan DPC PPP Balikpapan.

"Karena Pak Rahmad tidak mendaftar sebagai bacalon saat kami buka pendaftaran di Rakercab, waktu itu. PPP sudah pasti mengusung Pak Basir. Karena kami punya mekanisme. Mulai dari pendaftaran. Jadi enggak langsung tiba-tiba diusung. Kita (PPP) menerapkan prosedur dari bawah," imbuh Jumiati.

Sementara itu, berkaitan dengan rekomendasi usungan bacalon di Kaltim, hanya beberapa saja yang keluar. Di antaranya Samarinda. Pasangan Andi Harun-Rusmadi Wongso yang jadi pilihan. "Surat rekomendasinya sudah ada. Sudah lama itu keluar suratnya. Sebelum corona. Tinggal tunggu diantar ke KPU saja. Koalisi dengan Gerindra, PKB, PKS dan NasDem," beber Rusman Yaqub, ketua DPW PPP Kaltim.

Sementara itu, Rusman belum menegaskan soal dukungan PPP ke Ahmad Basir, bendahara DPD NasDem Balikpapan itu. Memang, kata Rusman, nama Ahmad Basir telah diusulkan ke DPW, oleh DPC PPP Balikpapan. Namun, belum diteruskan ke pimpinan pusat partai di Jakarta. "Balikpapan belum. Masih proses. Ke DPP belum," tambahnya.

Berkaitan dengan kabar partai berlambang kakbah itu, merapat ke Rahmad, Rusman tak membenarkan. Menurutnya, di tingkat DPW dan DPC PPP, tak pernah ada komunikasi soal itu. "Sampai saat ini belum ada pembicaraan," pungkasnya. (sah/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: