Wabup: Coklit, Utamakan Protokol Kesehatan

Wabup: Coklit, Utamakan Protokol Kesehatan

WABUP Berau Agus Tantomo menerima kunjungan Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) di rumah jabatan wakil bupati, Sabtu (18/7).

Tanjung Redeb, Disway – Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Berau telah dimulai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau, telah memasuki tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

Hal itu diawali dengan apel kesiapan Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di halaman Sekretariat KPU Kabupaten Berau, Sabtu (18/7).

Pelaksanaan coklit secara simbolis diawali di rumah jabatan Wakil Bupati Berau. Rombongan Ketua KPU Berau, bersama komisioner KPU dan tim PPDP diterima Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, yang telah siap untuk mengikuti coklit.

Dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, pelaksanaan coklit tidak berlangsung lama. Setelah pemutakhiran data, Wabup Agus Tantomo menerima tanda bukti telah mengikuti coklit dan selanjutnya mendampingi petugas menempel stiker di depan rumah.

Wabup Agus Tantomo menyampaikan terima kasih kepada petugas PPDP dan KPU Kabupaten Berau, yang telah melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah.

Agus juga berpesan, kepada petugas yang melakukan coklit untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Pasalnya pandemik COVID-19 belum berakhir, sehingga tetap harus memastikan upaya pencegahan.

Mengenakan masker dan selalu mencuci tangan pakai sabun sebelum maupun sesuai melakukan aktivitas door to door saat coklit di setiap rumah warga.

“Utamakan protokol kesehatan, selamat bertugas semoga pemilu serentak 2020 di tengah pandemik ini berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan harapan kita,” ungkapnya.

Wabup Agus Tantomo juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Berau untuk dapat menerima kedatangan panitia pemuktahiran data pemilih yang melakukan coklit.

Masyarakat diharapkan Agus, membantu petugas sehingga pelaksanaan coklit dapat berjalan lancar dan tuntas hingga waktu yang ditetapkan, sehingga pelaksanaan pilkada berjalan dengan sukses dengan jumlah partisipasi masyarakat tinggi.

“Saya mengajak kita semua untuk membantu petugas yang melakukan coklit, agar pilkada di Kabupaten Berau berjalan sukses,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Berau, Budi Harianto, usai mengikuti apel kesiapan PPDP menegaskan, pelaksanaan coklit dilakukan di setiap TPS (tempat pemungutan suara) di mana setiap 1 TPS ada 1 PPDP. Se Kabupaten Berau dikatakannya ada 550 TPS artinya ada 550 PPDP yang saat ini bergerak kesetiap rumah warga untuk melakukan coklit.

“Jadi ada 550 orang PPDP di 13 kecamatan se Kabupaten Berau dan yang paling banyak di Tanjung Redeb,” ungkapnya.

Masa kerja PPDP disampaikan Budi, akan berlangsung selama satu bulan sejak Juli hingga Agustus mendatang. Sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan coklit dimulai dari 15 Juli hingga 13 Agustus.

Dalam pelaksanaan coklit, PPDP juga memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19, mulai menggunakan masker, face shield, sarung tangan maupun dengan tetap memperhatikan social distancing maupun physical distancing. HUMAS/APP


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: