Maratua, Pemeriksaan Kesehatan Ketat

Maratua, Pemeriksaan Kesehatan Ketat

BUPATI Berau Muharram saat berkunjung ke Pulau Maratua diperiksa oleh petugas kesehatan.

Tanjung Redeb, Disway – Sebagai antisipasi penyebaran COVID-19, Pemerintah Kecamatan Pulau Maratua menerapkan pendataan satu pintu.

Kebijakan ini diambil untuk memantau setiap pendatang yang masuk ke pulau terluar tersebut.

Bekerja sama dengan TNI/Polri, petugas kesehatan dan aparatur kecamatan, pos pendataan disiagakan di dermaga Kampung Bohe Bukut.

Setiap speedboat diwajibkan untuk berlabuh di sana. Kemudian para petugas yang disiapkan memeriksa kondisi kesehatan penumpang, seperti suhu tubuh dan masker. Selain itu, diwajibkan juga untuk mengisi identitas diri.

Camat Pulau Maratua, Marsudi menjelaskan, bahwa kebijakan ini diambil agar pemerintah kecamatan bisa mengetahui para pendatang yang masuk. Hal ini pun sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19.

"Semua yang masuk kita periksa, bukan hanya orang luar saja tapi masyarakat sini juga diperiksa sesuai dengan protokol kesehatan. Dan wajib untuk menggunakan masker," jelasnya.

Diharapkan, dengan tindakan ini bisa mencegah masuknya COVID-19 ke Maratua. Dan hal ini pun dapat terlihat hingga saat ini, dimana tidak ada kasus positif di sana. "Kemarin aja ada yang PDP di sini 8 orang. Dan itu pun sudah lama 3 bulan lalu. Kita harap tidak ada yang positif di sini," katanya.

Penerapan masuk satu pintu ini pun, diberlakukan bagi resort-resort yang ada. Sebelum memasukan wisatawan, harus melalui pos pemeriksaan terlebih dahulu. Pemerintah kecamatan pun telah melakukan sosialisasi kepada pengusaha resort yang ada.

"Karena sekarang sudah dibuka untuk kunjungan wisata, sehingga perlu kita antisipasi wisatawan yang datang dari luar. Jangan sampai kita kecolongan. Jika pun ada yang positif, dengan pendataan ini bisa segera didata," tegasnya.

Selain itu, pos-pos pemeriksaan juga didirikan di setiap kampung. Jalur keluar dan masuk kampung dijaga oleh petugas kesehatan bekerja sama dengan masyarakat kampung. "Masyarakat yang mau berkunjung ke kampung lain harus diperiksa juga. Minimal menggunakan masker pada saat datang," pungkasnya. HUMAS/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: