Dirum PDAM Balikpapan yang Baru Diumumkan Pekan Depan

Dirum PDAM Balikpapan yang Baru Diumumkan Pekan Depan

Kantor PDAM Balikpapan. (ilustrasi/dok/nomorsatukaltim)

--

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Pemkot berencana mengisi kekosongan posisi direktur umum (dirum) PDAM Tirta Manggar Balikpapan, dalam waktu dekat.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengaku akan mengumumkan nama baru itu pada Senin (20/7). Sebelumnya jabatan itu diemban almarhum Ghazali Rakhman, yang meninggal dunia, beberapa waktu lalu.

Rizal menyebut, saat ini ada lima calon yang lolos seleksi, setelah melalui beberapa tahapan. Yakni empat pegawai PDAM, dan satu orang dari luar PDAM.  “Dari luar Pak Sugito. Dari dalam Noor Hidayah, M Khoiruddin, Sopiansyah,” ujarnya.

Para calon itu tersaring dari 50 kandidat lain. Mereka berlima sudah melalui dua tahapan. Mulai dari pemaparan makalah, assessment, uji kepatutan dan kelayakan. "Saya tidak melihat orang dalam. Tapi kapasitas dan loyalitas,” ungkapnya.

Rizal berencana melihat rekam jejak dan wawasan para calon, sebelum menentukan pilihan. Salah satu penilaian latar belakang itu, tidak boleh berafiliasi dengan partai politik. “Nanti kami lihat apakah para calon ini masih ada yang berafiliasi dengan partai politik,” imbuhnya.

Rizal menyebut, masa tugas dirum PDAM terpilih masih akan dibahas lagi. Apakah sampai 2024 atau hingga 2025. “Dalam aturannya, masa tugasnya memungkinkan lima tahun. Tapi bisa juga kami sesuaikan dengan direksi yang ada,” ujarnya.

Rizal membuka kesempatan bagi sosok wanita yang mampu menduduki jabatan direksi di PDAM. Selama ini, perusahaan air minum plat merah itu didominasi pria. “Wanita juga jadi perhatian kami. Mungkin ada satu wanita, empat pria. Nanti kita lihat,” imbuhnya. (ryn/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: