Wagub Jalani Isolasi Mandiri, Setelah Hasil Swab Menyatakan Positif Corona

Kamis 16-07-2020,12:24 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi terpapar coronavirus disease (COVID-19). Kabar terinfeksinya orang nomor dua di Pemprov Kaltim itu disampaikan Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim M. Syafranuddin. Melalui pers rilis pukul 19.10 Wita, Rabu (15/7) malam tadi.

Dalam rilis disebutkan jika wagub menjalani isolasi mandiri di rumah. Karena kondisi Hadi yang masih nampak sehat. Tidak menunjukkan gejala selayaknya pasien terpapar virus corona.

Sepekan terakhir, Hadi diketahui menjalani banyak aktivitas. Dari catatan biro humas, wagub diketahui menghadiri kegiatan penggalangan dana. Serta mewakili gubernur Kaltim pada rapat paripurna DPRD Kaltim. Di samping itu, sejak dimulainya relaksasi di Samarinda, wagub juga cukup banyak menerima tamu.

Semua tamu diwajibkan melewati protokol kesehatan. Mulai diperiksa suhu badan, membersihkan tangan dengan hand sanitizer, serta memakai masker. "Hanya saja, ada saja tamu pada saat berbicara tanpa sadar membuka masker," kata Syafranuddin, dalam keterangan pers itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim Andi M. Ishak mengatakan sudah menerima kabar itu sejak siang. Dimana Hadi sebelumnya sudah menjalani swab test PCR.

"Sudah keluar hasil tesnya. Hari ini, tadi siang (kemarin siang). Kalau baru rapid test, belum bisa dikatakan positif. Tapi itu sudah hasil (tes) PCR," katanya kepada media ini, ketika dikonfirmasi.

Andi membenarkan jika wagub tertular tanpa gejala. Kondisinya saat ini baik-baik saja. "Pak Hadi ini tanpa gejala. Tidak perlu diberi apa-apa. Hanya perlu, ya vitamin," tambahnya.

Saat ini, ketua DPW Gelora Indonesia Kaltim itu dirawat di rumahnya. Di bawah penanganan dan pengawasan dokter dari RSUD AW Syahranie. "Di rumah. Isolasi mandiri. Tadi koordinasi dengan dokter. Karena tidak bergejala, dilakukan isolasi di rumah, dengan pengawasan dokter," kata Andi.

Sempat Membuat Janji

Sebelumnya, kabar menyebut wagub Kaltim positif corona ramai berseliweran di pesan singkat WhatsApp. Informasi ini beredar di kalangan wartawan. Kabar itu dikuatkan dengan potongan gambar berisi chat dari Hadi Mulyadi. Yang menyatakan dirinya terjangkit virus tersebut.

"Ya, saya positif COVID-19. Tapi Alhamdulillah kondisi fisik saya sehat2 aja," kata Hadi dalam potongan chat WhatsApp yang beredar, Rabu (15/7) malam.

Beberapa waktu lalu media ini memang sempat membuat janji temu dengan Hadi. Komunikasi berlanjut dengan salah satu asisten pribadi Hadi, Agus Mulyana. Pertemuan itu belum terealisasi. Karena kesibukan dan alasan kesehatan. (sah/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait