Soal Penolakan Perpadi terkait Program RMU, AGM: Pabrik Ini Aspirasi Masyarakat

Rabu 08-07-2020,15:26 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

PENAJAM, DiswayKaltim.com - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud (AGM) merespons aksi yang dilakukan Persatuan Pengusaha dan Pengilingan Padi (Perpadi). Soal program pendirian pabrik pengolahan padi rice milling unit (RMU) di Kecamatan Babulu.

"Itukan pengusaha. Jadi pemerintah ini seyogianya akan berdiri di tengah-tengah masyarakat," katanya ditemui usai rapat paripurna, Selasa (7/7/2020) kemarin.

Aksi penolakan tersebut disampaikan di DPRD PPU, Senin (6/7) lalu. Penolakan atas program penyertaan modal sebesar Rp 26,9 miliar itu dikarenakan Perpadi merasa tak dilibatkan dalam setiap kajian yang dilakukan pemkab.

Pun, pihaknya merasa usahanya akan mati secara perlahan dikarenakan berdirinya pabrik ini. Sedangkan Pemkab PPU merasa, program ini justru dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Kalau pengusaha, kita harus lihat juga. Kenapa banyak pengusaha di PPU, tapi PAD tidak ada," ucapnya.

Setelah ditelusuri ke bawah, lanjutnya, ternyata yang mengambil keuntungan bukan masyarakat daerah, melainkan pengusaha luar daerah. Penyebabnya, kata AGM, hasil pertanian yang ada di PPU langsung dibeli oleh pengusaha luar daerah.

"Tapi dijual keluar daerah. Akhirnya pendapatan daerah itu tidak bisa diakomodir, dan tidak menjadi PAD. Makanya minim. Padahal kita adalah lumbung padi Kaltim," ungkapnya.

Lagipula, AGM memastikan adanya pabrik ini tidak akan mematikan pengusaha. Justru pengusaha yang ada akan dapat berinovasi dan bekerja sama dengan perusahaan daerah (perusda) sebagai pengelola pabrik.

"Jadi mereka juga akan mendapat kualitas yang baik. Selain itu kita juga harus mempunyai brand sendiri. Misalnya beras Benua Taka, atau beras Ibu Kota, misal begitu," bebernya.

Untuk diketahui, pabrik ini akan dikelola langsung oleh Perusda Benuo Taka. Lebih lanjut, AGM menjelaskan, dengan adanya pabrik ini. Akan membentuk iklim perekonomian yang lebih baik di PPU. Selain pengusaha, hal ini juga turut menguntungkan para petani.

Tags :
Kategori :

Terkait